Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar di Sepanjang Hayat

Penulis Buku Kolaborasi Kompasianer: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Strata Manajemen Pendidikan | Best Teacher Kompasiana Award 2022 πŸ†

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ini Cara Efektif Memilih Hadiah Kado atau Amplop untuk Kondangan

4 Februari 2023   11:50 Diperbarui: 9 Februari 2023   17:25 871
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi hadiah kado untuk kondangan. (Sumber: pixabay.com/Jill Wellington) 

Sudah menjadi tradisi di negeri ini bahwa akan ada acara resepsi atau kondangan untuk sebuah acara pernikahan yang digelar di desa maupun di kota.

Lalu, kemudian orang-orang akan diundang untuk menghadiri acara kondangan yang akan kita gelar. Baik kerabat maupun teman dan kenalan akan ikut diundang.

Saya, termasuk anda semua pasti sudah kerap terlibat dalam urusan kondangan ini. baik sebagai pengundang maupun sebagai pihak yang diundang.

Sementara itu, dalam ajaran Islam, kita wajib menunaikan sebuah undangan (pernikahan, aqiqah, khitan, dan jenis undangan lainnya).

Ada banyak manfaat yang akan kita terima ketika menunaikan sebuah undangan, diantaranya adalah:

Pertama, mengokohkan tali silaturahmi. Jelas saja bahwa dengan menghadiri sebuah undangan maka antara pengundang dan pihak yang diundang akan semakin mengokohkan hubungan silaturahmi diantara mereka. Kenapa seseorang mengundang dan diundang, alasannya tentu karena ada hubungan silaturahmi yang sudah terbangun.

Kedua, memperkuat rasa persaudaraan dan solidaritas.Β Dengan menghadiri sebuah undangan maka dapat memperkuat rasa solidaritas. misalnya dalam menghadiri undangan yang disampaikan oleh sebuah yayasan, organisasi masyarakat, dan sebagainya. Upaya menghadiri undangan akan semakin memperkuat rasa persaudaraan dan solidaritas yang mungkin telah lama "membeku" karena faktor jarak, kesibukan, dan seterusnya.

Ketiga, upaya saling berbagi antar sesama.Β Esensi dalam sebuah acara kondangan adalah upaya saling berbagi. tuan rumah yang mengundang telah berbagi makanan-minuman, cinderamata dan lain sebagainya. sedangkan yang diundang akan berbagi amplop, kado, doa dan sebagainya sebagai bentuk balasan dan atau rasa terima kasih.

Ada semangat saling berbagi pada sebuah kegiatan kondangan. (Foto Akbar Pitopang)
Ada semangat saling berbagi pada sebuah kegiatan kondangan. (Foto Akbar Pitopang)

Nah, itulah nilai-nilai kebaikan yang ada pada kegiatan menghadiri undangan kondangan, serta undangan-undangan lainnya dalam kehidupan kita selama ini.

Adanya Perbedaan Pilihan Hadiah KondanganΒ 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun