Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar | Pendidikan Sepanjang Hayat

Bukan Sensasi Tapi Esensi. Alam takambang jadi guru | Pernah menjadi relawan KSR PMI Jogja, Chief storekeeper di Lombok, Operational-admin staff di MNC Payakumbuh | Pemerhati dunia edukasi, pendidikan agama, parenting dan psikologi anak, sosial budaya dan lifestyle | Bagian dari buku kolaborasi Kompasiana: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Let inspired to inspiring πŸ‘

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Ritual Cara Membersihkan Wajah Ala "Papa Muda"

11 September 2022   15:41 Diperbarui: 12 September 2022   13:37 351 29 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pria juga wajib membersihkan wajah (Sumber: Thinkstockphotos via kompas.com)

Membersihkan wajah merupakan sebuah kebutuhan tersendiri demi menjaga kesehatan dan penampilan khususnya wajah tetap dalam kondisi prima.

Membersihkan wajah ini memiliki ritual tersendiri pula yang berbeda dengan cara untuk membersihkan bagian tubuh lainnya. Untuk hasil yang lebih maksimal terkadang sebagian orang menggunakan produk skin care seperti toner, milk cleanser, cleansing oil, micellar water dan lain sebagainya.

Ritual membersihkan wajah ini tidak hanya harus dilakukan oleh kaum perempuan saja namun kaum laki-laki pun membutuhkannya. Bagaimana tidak, kamu lelaki memiliki tingkat sensitivitas wajah yang tinggi.

Apalagi kaum laki-laki memiliki segudang aktivitas di luar ruangan yang setiap saat terpapar oleh debu, polusi dan keringat dan berbagai kotoran lainnya.

Pori-pori wajah para lelaki pun memiliki ukuran yang lebih besar dibanding pori-pori wajah perempuan sehingga kotoran akan lebih mudah masuk ke dalam pori-pori wajah.

Oleh sebab itulah, maka kaum lelaki sangat perlu untuk ikut peduli menjaga kebersihan wajahnya agar terhindar dari masalah yang ditimbulkan seperti jerawat, komedo, dan masalah lainnya yang biasa hadir di wajah yang jarang dibersihkan.

Penulis pun termasuk pria dengan kondisi wajah yang memiliki wajah sensitivitas yang sangat rentan terkena jerawat. Wajah kami tergolong wajah yang berminyak. Sehingga tak mudah untuk mengaplikasikan produk skin care ke wajah ini.

Sebuah tantangan tersendiri bagi kami untuk bisa menemukan produk skin care yang cocok dengan kondisi wajah kami. Beberapa kali kami sempat berganti produk skin care, alhasil wajah menjadi kembali bermasalah seperti munculnya jerawat.

Selain menggunakan produk skin care, kami juga memanfaatkan bahan alami seperti jeruk nipis, lidah buaya, kulit pisang bagian dalam, dan bahan alami lainnya yang diyakini memiliki senyawa yang dapat mengurangi produksi minyak di wajah.

Disamping itu tentunya dengan air wudhu yang diyakini oleh umat Islam dapat membersihkan wajah atau bahkan mencerahkan wajah. Alasan logisnya adalah karena melalui aktivitas berwudhu, kotoran di wajah akan terangkat melalui air yang disapukan ke wajah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan