Mohon tunggu...
Ryan Akbar
Ryan Akbar Mohon Tunggu... Perencanaan Wilayah Kota Universitas Jember

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Peran Sektor Basis dan Non Basis dalam Pembangunan Nasional

3 Desember 2019   09:15 Diperbarui: 3 Desember 2019   09:27 237 0 0 Mohon Tunggu...

Pembangunan nasional merupakan pembangunan yang dilakukan oleh rakyat dimana pembangunan nasional merupakan rangkaian dari upaya yang dilakukan secara terus menerus dan meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Tujuan dari pembangunan sendiri merupakan mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. Pembangunan Nasional dilaksanakan oleh seluruh komponen yakni masyarakat dan pemerintah. Pembangunan nasional dilaksanakan secara berencana, menyeluruh, terpadu, tearah, dan berkelanjatukan dalam rangka peningkatan taraf hidup masyarakat.

Salah satu indikasi dari pembangunan adalah terjadinya pertumbuhan ekonomi yang tujuan utamanya adalah penambahan produksi, penambahan nilai, atau pendapatan nasional. Keberhasilan pembangunan akan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Salah satu tujuan pembangunan ekonomi jangka panjang adalah terciptanya stabilitas ekonomi dimasing masing bidang. Pembangunan daerah merupakan salah satu bagian dari pembangunan nasional yang tidak dapat dipisahkan, oleh karena itu pembangunan daerah diimplementasikan pada berbagai aspek kehidupan yang mana program program tersebut dilaksanakan dengan penenkanan pada pembangunan dibidang ekonomi.

Agar tujuan dari pembangunan daerah berhasil dengan baik maka perlu adanya peran serta pemerintah daerah harus berfungsi dengan baik. Dengan berbagai macam metode penelitian untuk menganalisa perekonomian daerah penting sekali untuk mengumpulkan lebih banyak mengenai sifat sifat perekonomian suatu daerah dan mengenai pertumbuhan ekonomi daerah. Tingkat pertumbuhan ekonomi dihitung dari Produk Domestik Bruto yang merupakan rata rata dari tingkat pertumbuhan bidang sektornya, sehingga dapat disimpulkan apabila sebuah sektor mempunyai kontribusi yang besar dan pertumbuhannya lambat maka hal ini akan menghambat pertumbuhan ekonomi, sedangkan apabila sebuah sektor mempunyai kontribusi yang tinggi terhadap keseluruhan sektor dan mempunyai tingkat pertumbuhan yang tinggi maka akan membuat pertumbuhan ekonomi pada daerah tersebut akan meningkat.

Menurut teori ekonomi klasi menyatakan bahwa pertumbuhan perekonomian dipengaruhi faktor utama yaitu faktor sumber daya alam, dimana sumber daya alam menentukan maju atau tidaknya perekonomian yang ada disana. Menurutnya pada suatu daerah yang mempunyai minim sumber daya alam akan lebih miskin dari daerah yang memiliki sumber daya alam berlimpah. Sumber daya alam disini menjadi modal awal dalam melakukan pembangunan.

Pembangunan sektor ekonomi dengan mengacu pada sektor unggulan selain berdampak pada percepatan pertumbuhan ekonomi jug akan berpengaruh bagi kondisi perekonomian masyarakat. Penentuan dalam sektor unggulan menjadi hal yang penting dalam perencanaan perekonomian daerah, dimana saat ini daerah dipegangi kekuasaan yang besar untuk mengembangkan daerahnya, apabila tidak ada pemanfaatan lebih lanjut maka akan percuma. Sektor unggulan sendiri merupakan sektor yang mempunyai peran besar terhadap perekonomian dalam suatu daerah, karena mempunyai keunggulan keunggulan. Sehingga daya jualnya juga tinggi.

Dalam teorinya Richardson, mengungkapkan bahwa suatu daerah atau wilayah harus mampu membuat sektor sektor saling terkait dan saling mendukung dengan cara mensinergikan sektor sektor tersebut sehingga saling terkait. Sehingga apabila terdapat sektor yang berkembang maka akan mempengaruhi perkembangan sektor tersebut. Dalam dunia perekonomian dapat dikelompokkan menjadi 2 sektor yaitu ekonomi basis dan ekonomi non basis. Sektor basis merupakan sektor yang dapat memenuhi kebutuhan daerah tersebut dan semua kegiatan baik dalam divisi produksi maupun distribusi mendatangkan hasil uangnya dari luar wilayah sementara sektor yang termasuk non basis merupakan sektor yang tidak dapat memenuhi kebutuhan daerah tersebut dan permintaan sektor tersebut sifatnya hanya lokal saja.

Dalam pertumbuhan ekonomi aksesbilitas mempunyai peran yang sangat penting dalam penentuan pertumbuhan ekonomi, barang barang sektor basis akan diekspor melalui jalur jalur penghubung oleh karena itu, aksesbilitas mempunyai peranan kunci.  

VIDEO PILIHAN