Mohon tunggu...
Akbar Taufikur Rahman
Akbar Taufikur Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Administrasi Bisnis Universitas DIponegoro

Digital Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkuat Ekonomi Keluarga, Mahasiswa UNDIP Perkenalkan Cara Jitu Atur Keuangan Rumah Tangga

10 Agustus 2022   14:50 Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:06 67 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang (29/07/2022) - Kelurahan Meteseh merupakan salah satu dari 12 kelurahan yang ada di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Berdasarkan data BPS tahun 2021, Kelurahan Meteseh memiliki luas 900,12 Km2 yang dibagi menjadi 195 RT (Rukun Tetangga) dan 31 RW (Rukun Warga). Di wilayah Kelurahan Meteseh, masih banyak masyarakat yang masih belum memperoleh informasi, edukasi dan juga pengetahuan yang cukup untuk dapat mengimplementasikan financial planning dalam rumah tangga.

Financial planning atau perencanaan keuangan dapat digunakan sebagai sebuah panduan keuangan untuk mengevaluasi kondisi keuangan saat ini, sehingga bisa diperbaiki di kemudian hari, agar seluruh kebutuhan keluarga dapat terpenuhi dengan baik, serta mencegah terjadinya overspending dari yang seharusnya dikeluarkan dalam pengeluaran keluarga.

Jatuhnya perekonomian masyarakat yang disebabkan adanya pandemi Covid-19 kemarin menjadi bukti bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum siap dalam mengahadapi masa-masa darurat dikarenakan perencanaan keuangan yang kurang. Banyak dari masyarakat yang bahkan tidak memiliki dana darurat maupun tabungan dikarenakan uang yang didapatkan hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari tanpa memiliki perencanaan keuangan masa depan yang baik. Perencanaan keuangan sangat diperlukan dalam sebuah rumah tangga untuk mengatur keuangan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari hingga mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang.

Mahasiswa KKN UNDIP melihat perlu adanya sosialisasi maupun edukasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal perencanaan keluarga. Oleh karena itu Akbar sebagai mahasiswa KKN UNDIP memilih untuk menyelenggarakan program yang ia beri nama RATU TURANGGA “Cara Jitu Atur Keuangan Keluarga” sebagai sebuah kegiatan yang bertujuan agar masyarakat dan mahasiswa dapat belajar serta berbagi informasi bersama-sama mengenai bagaimana mengatur keuangan keluarga, permasalahan yang sering dihadapi, hingga solusi mengenai masalah tersebut. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara langsung dengan audience ibu-ibu PKK di Kelurahan Meteseh, Kota Semarang pada hari Jumat, 29 Juli 2022.

Sosialisasi terhadap ibu rumah tangga ini memiliki tujuan untuk pemberian bekal mengenai perencanaan keuangan yang baik beserta pengelolaannya yang berguna untuk mencapai pemenuhan tujuan finansial keluarga.

(Dokpri)
(Dokpri)

Dengan adanya kegiatan sosialisasi dari Mahasiswa KKN UNDIP mengenai perencanaan keuangan dalam rumah tangga diharapkan masayarakat dapat lebih peduli serta mampu untuk melakukan perencanaan keuangan yang baik sehingga pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat terutama di wilayah Kelurahan Meteseh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan