Mohon tunggu...
AKADUSYIFA
AKADUSYIFA Mohon Tunggu... akadusyifa

www.akadusyifa.com

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Konspirasi FaceApp Dinilai Berbahaya, Apa Karena Buatan Rusia

19 Juli 2019   09:35 Diperbarui: 19 Juli 2019   10:06 0 3 0 Mohon Tunggu...
Konspirasi FaceApp Dinilai Berbahaya, Apa Karena Buatan Rusia
Foto wajah tua Putin dan Trump (Sumber foto www.themoscowtimes.com)

Sosial media memang selalu dihebohkan dengan hal-hal yang menarik dan kadang juga menggelitik. Yang sedang viral saat ini adalah sebuah aplikasi bernama FaceApp, sebuah aplikasi yang bisa mengubah wajah muda kamu tampak seperti orang tua. Aplikasi ini tersedia di plafon Android maupun Iphone sehingga cukup mudah untuk mendapatkannya.

Banyak netijen yang penasaran dengan aplikasi ini sehingga mereka coba-coba pakai aplikasi ini dan akhirnya bisa viral. Karena antusiasme netijen dengan aplikasi ini sekarang lihat timeline maupun beranda sudah seperti panti jompo isinya orang-orang lanjut usia semua. 

Biasanya orang ingin tampak lebih awet muda tapi sekarang malah ingin tampak lebih tua dengan aplikasi ini. Mungkin kalau orang tua pakai aplikasi ini wajah yang muncul adalah kuburan karena memang aplikasi ini yang menggambarkan masa depan.

Dinilai sangat berbahaya

Aplikasi tersebut dinilai berbahaya karena mengancam pencurian data privasi penggunanya. Karena dengan menggunakan aplikasi tersebut pengguna harus mengizinkan aplikasi mengakses data-data pribadi dalam smartphone pengguna seperti foto dan kontak, mau tidak mau pengguna harus memberi ijin untuk bisa memakai aplikasi tersebut. 

Begitu juga dengan ketentuan layanan aplikasi tersebut dimana pihak developer mempunyai hak penuh pada foto yang dihasilkan dari aplikasi tersebut. Sehingga developer mempunyai hak penuh pada foto tersebut jika ingin disebarluaskan maupun untuk kepentingan komersial. 

Dan pihak developer pun juga berhak menyimpan foto dari aplikasi tersebut walaupun pengguna telah menghapus dari galeri smartphonenya. (Sumber www.techno.kompas.com) 

Teori Konspirasi

FaceApp adalah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan kecil yang bernama Wireless Lab sejak tahun 2017, sebuah perusahaan yang berasal dari Rusia dan bermarkas di Saint Petersburg Rusia. 

Karena berasal dari Rusia mungkin ada pihak-pihak yang kebakaran jenggot sehingga membuat teori konspirasi bahwa aplikasi ini bisa berbahaya dan mengancam penggunanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2