Mohon tunggu...
AKADUSYIFA
AKADUSYIFA Mohon Tunggu... akadusyifa

www.akadusyifa.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Saatnya yang Muda Tampil Jadi Pengusaha

17 Juli 2019   20:47 Diperbarui: 17 Juli 2019   20:58 0 1 1 Mohon Tunggu...
Saatnya yang Muda Tampil Jadi Pengusaha
Anak muda sekarang cenderung suka bekerja tanpa terikat oleh aturan dan mempunyai waktu yang fleksibel (Sumber foto www.wartaekonimi.co.id)

Salah satu faktor penting dalam kemajuan ekonomi suatu negara adalah dari banyaknya jumlah pengusaha yang ada di negara tersebut. Indonesia memang masih membutuhkan banyak pengusaha untuk bisa menjadi negara maju, saat ini jumlah pengusaha di Indonesia masih di rasa kurang. Maka dari itu pemerintah terus mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha baru sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan.

Walau sudah ada peningkatan jumlah pengusaha diIndonesia tapi masih belum cukup, jumlah pengusaha Indonesia dikisaran angka 3,1% dari jumlah penduduk yang naik dari sebelumnya 1,6%. Walaupun angka tersebut sudah memenuhi angka standar internasional yaitu 2% tapi masih belum cukup untuk bisa ikut bersaing dengan negara maju lainnya.

Indonesia masih kalah dengan negara tetangga seperti Thailand diangka 4,5%, Malaysia 5%, Singapura 7% sementara Jepang dan Amerika sudah berada di angka diatas 10% sehingga Jepang dan Amerika bisa dikatakan menjadi negara maju. Pengusaha mempunyai peran penting dalam memajukan perekonomian negara karena tidak mungkin ekonomi bisa maju tanpa ada pengusaha. (Sumber www.kominfo.go.id)

Anak muda didorong untuk menjadi pengusaha

Dengan fokus pemerintah saat ini yang membangun Sumber Daya Manusia diharapkan ini bisa menjadi salah satu langkah untuk bisa meningkatkan jumlah pengusaha terutama anak muda. Anak muda diharapkan bisa ikut bersaing dengan negara lain dalam meningkatkan ekonomi untuk itu memang sangat diperlukannya pembangunan SDM yang memadai untuk bisa menghadapi tantangan tersebut. 

Menjadi pengusaha memang tidak mudah untuk itu dibutuhkan jam terbang yang tinggi menjadi seorang pengusaha. Banyak tantangan yang harus dihadapi, untuk itu memulai bisnis sejak muda bisa menjadi langkah yang tepat untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses. Dengan memulai bisnis sejak muda mereka bisa mencari banyak pengalaman dan bisa belajar bagaimana membangun sebuah usaha sehingga mempunyai jam terbang yang tinggi di dunia usaha.  

Sekarang sudah era digital sehingga tren juga sudah bergeser dan berubah, anak muda sekarang cenderung lebih memilih berbisnis sendiri dari pada bekerja diperusahaan besar. Karena dengan berbisnis sendiri mereka bisa mempunyai waktu yang fleksibel dan tidak terikat oleh aturan-aturan. 

Di era digital seperti sekarang ini bisa menjadi peluang bagi anak muda untuk memulai usaha, karena ekonomi digital Indonesia yang saat ini terus mengalami pertumbuhan dengan didukung akses Internet yang semakin cepat. Sehingga banyak peluang bisnis terutama di bidang teknologi, karena tidak bisa dipungkiri saat ini masyarakat sudah banyak menggunakan smartphone sebagai sebuah kebutuhan dan harganya juga semakin terjangkau. 

Kunci penting dalam membangun bisnis di era digital adalah kreatifitas dan berani memulai, apalagi pemerintah yang saat ini sangat mendukung ekonomi dan industri kreatif seperti Start Up. Sehingga ini menjadi peluang yang terbuka bagi anak muda untuk segera memulai usaha. 

Akadusyifa 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x