Mohon tunggu...
Ajinatha
Ajinatha Mohon Tunggu... Professional

Pekerja seni

Selanjutnya

Tutup

Kandidat Pilihan

Pilgub Jambi 2020, Seandainya HBA Mencalonkan Diri sebagai Cagub

22 Juni 2019   10:09 Diperbarui: 22 Juni 2019   14:59 0 4 0 Mohon Tunggu...
Pilgub Jambi 2020, Seandainya HBA Mencalonkan Diri sebagai Cagub
Foto: Jambiekspres.com

Konstelasi politik menjelang Pilgub Jambi 2020 semakin menarik untuk disimak. Ditengah munculnya berbagai kandidat dari kalangan Kepala Pemerintahan daerah, baik Bupati dan Walikota, juga Kapolda Jambi, serta Gubernur Petahana, santer juga dikabarkan mantan Gubernur Jambi 1 Periode, Hasan Basri Agus (HBA), akan Ikut kontestasi Pilgub Jambi 2020.

Ternyata berdasarkan polling lembaga survei di Jambi, HBA masih diminati dan didukung masyarakat untuk menjadi Gubernur Jambi periodeo 2020 - 2025, dan itu terbukti menempati peringkat pertama dalam polling lembaga survei. Kalau benar-benar HBA Ikut dalam Pilgub Jambi 2020, maka peta politik akan berubah total.

Cek Endra dan Al Haris, yang merupakan kader kepemimpinan HBA, sudah meminta restu kepada HBA, sebagai Abang jelas beliau memberikan restu. Belum ada sinyal dari HBA akan Ikut atau tidaknya dalam Pilgub Jambi 2020, namun bisa saja ikut kalau sebagian besar masyarakat Jambi menghendakinya.

Yang jelas kalau HBA ikut dalam Pilgub Jambi 2020, maka Cek Endra dan Al Haris tidak akan mungkin menjadi kompetitor HBA, bisa jadi salah satunya menjadi pasangan HBA, sebagai Cawagub. 

Terutama Al Haris, jelas tidak akan berkompetisi melawan HBA, karena hubungan historis keduanya sangat kental, begitupun Cek Endra.

HBA jelas memiliki peluang besar untuk menjadi pemenang, jika berkompetisi dengan M Muchlis, Syafrial, dan kandidat lainnya, seperti Sy Pasha dan Fachrori Umar sang Petahana, karena HBA sudah membuktikan keberhasilannya sebagai Gubernur Jambi selama satu Periode, padahal seharusnya beliau bisa menjabat selama dua Periode, kalau saja masyarakat Jambi tidak silau pada penampilan Zumi Zola.

Kalau seandainya HBA Maju sebagai Cagub pada Pilgub Jambi 2020, dipastikan akan diusung oleh Partai Golkar, tidak mungkin Partai Golkar akan mengusung 2 Cagub. Sebagaimana kita ketahui, Cek Endra juga adalah kader Golkar, artinya kalau maju sebagai Cagub pastinya akan membawa bendera Golkar.

Antara HBA dan Cek Endra, jelas HBA lebih menjual, dan lebih berpeluang besar untuk diusung sebagai Cagub. Semua ini tergantung seperti apa komitmen Cek Endra dan HBA, apakah sewaktu sowan ke HBA, disamping minta restu, apakah Cek Endra juga meminta diberikan peluang untuk Maju.

Secara kalkulasi politik, Partai Golkar jelas berhitung siapa yang lebih berpeluang untuk menang, karena sudah beberapa Periode terakhir jabatan Gubernur Jambi di isi oleh kader PAN dan Partai Demokrat. Inilah saatnya bagi Partai Golkar untuk berkuasa.

Kalau benar Partai Golkar mengusung HBA, dan HBA bersedia, maka Yang berpeluang sebagai Cawagub adalah Cek Endra, karena pasangan ini pernah dianggap sukses memimpin Kabupaten Sarolangun. Sementara Al Haris kemungkinan besar tidak Ikut kontestasi Pilgub Jambi 2020.

Bisa saja Al Haris akan menjadi Cawagub M Muchlis, itupun kalau ada Partai yang siap mengusung mereka. Kalau Syafrial sudah jelas diusung oleh PDI Perjuangan. Syafrial juga memiliki peluang yang sama dengan HBA, hanya saja kalah populer dengan HBA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x