Mohon tunggu...
Aji NajiullahThaib
Aji NajiullahThaib Mohon Tunggu... Pekerja Seni

Hanya seorang kakek yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Jokowi Blak-blakan Soal TKA Asal Tiongkok di Indonesia

5 Mei 2020   02:59 Diperbarui: 5 Mei 2020   03:06 492 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jokowi Blak-blakan Soal TKA Asal Tiongkok di Indonesia
Foto: Kompas.com

Rupanya panas juga telinga Presiden Jokowi diterpa isu tidak sedap, tentang keberadaan TKA asal Tiongkok di Marowali, yang terus dipolitisir baik di media sosial, mau pun di media daring.

Adanya pekerja asal tiongkok di Indonesia terkait adanya investasi, yang memang harus memperkerjakan TKA asal Tiongkok, karena menyangkut keberlangsungan pengerjaan proyek investasi yang ada di Indonesia.

Indonesia sendiri juga mengirimkan TKI kenegara lain, disaat PT Wijaya Karya (Wika) mendapat proyek diluar Indonesia. Seperti di ketahui, saat ini Indonesia mengirim tenaga kerja ke Aljazair, sebagai Duta Indonesia yang membawa nama Indonesia untuk bekerja di negara tersebut.

Untuk menggarap proyek tersebut WIKA mengirim pekerja dari Indonesia yang akan dikombinasikan dengan pekerja setempat. Total akan ada 1.500 pekerja Indonesia yang dikirim ke Aljazair. (Sumber

Sama halnya dengan keterlibatan TKA asal Tiongkok di Morowali, Sulawesi Tengah, dan beberapa daerah lainnya, untuk pengerjaan berbagai proyek investasi yang ditangani oleh Tiongkok. Tentunya untuk pengerjaan proyek tersebut sangat dibutuhkan TKA, disamping juga tenaga kerja lokal.

Secara blak-blakan Presiden Jokowi pun memberikan perbandingan, jumlah TKA asal Tiongkok, dengan jumlah TKI yang bekerja di Tiongkok dan beberapa negara lainnya, yang jumlahnya justeru lebih banyak dari TKA yang bekerja di Indonesia.

Dilansir Katadata.co.id, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkomentar mengenai isu 10 juta Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang membanjiri Tanah Air, khususnya di Morowali, Sulawesi Tengah. Setelah menerima data dari Kawasan Industri Morowali, Jokowi mengakui memang benar ada pekerja Tiongkok yang bekerja di Indonesia, tapi jumlahnya hanya 23 ribu orang.

"Saya blak-blakan, tenaga kerja mereka (Tiongkok) di sini, tidak terus-terusan bekerja. Mungkin hanya memasang turbin di smelter," kata Jokowi dalam Pembukaan Pendidikan Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia di Kabupaten Bogor, Rabu (8/8).

Dia pun membandingkan jumlah tenaga kerja Tiongkok yang dipekerjakan di dalam negeri ini dengan total tanaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Jumlah TKI yang bekerja di Tiongkok berjumlah 80 ribu orang. Sedangkan di Malaysia paling tidak ada 1,2 juta orang.

Perbedaan Gaji TKA dan Pekerja lokal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN