Mohon tunggu...
Aji NajiullahThaib
Aji NajiullahThaib Mohon Tunggu... Freelancer - Pekerja Seni

Hanya seorang kakek yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Efektivitas Bisnis On-line dan Delivery Service

2 Desember 2019   18:47 Diperbarui: 2 Desember 2019   19:46 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi layanan J&T Express. [www.jet.co.id]

Bisnis dan usaha selalu berkembang sesuai dengan kemajuan tekhnologi, tidak bisa tidak mereka yang terjun didunia bisnis pun harus merespon perubahan secara cepat, kalau tidak begitu maka akan susah meningkatkan bisnisnya.

Saya pada awalnya tidak terlalu peduli dengan usaha on-line yang digeluti anak saya, tapi ketika dia menghadapi kendala dalam hal pengiriman barangnya, maka saya pun mencari tahu apa saja yang menjadi kendalanya.

Yang saya lihat intensitas pengiriman barang dari rumah keluar sangatlah tinggi. Pemilihan perusahaan jasa pengiriman barang pun sangat menentukan lancar tidak usahanya tersebut.

Problem yang dihadapinya selama usahanya tersebut berlangsung, lebih banyak kendala pada kecepatan dan ketepatan waktu sampainya barang terkirim kepada pelanggan. Dan problem ini bisa merusak reputasi dan nama baik usahanya.

Inilah perlunya simbiosis mutualism antara pengusaha produk on-line dengan perusahaan jasa pengiriman barang. Tumbuh pesatnya berbagai perusahaan jasa pengiriman barang, tidak terlepas dari tumbuh kembangnya bisnis e-commerce.

Begitu banyak perusahaan jasa pengiriman barang, kadang membuat pengusaha on-line tahu kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Nah biasanya, yang sudah sangat dipercayai dalam hal kecepatan dan ketepatan waktu, akan dijadikan langganan.

Banyak perusahaan jasa pengiriman barang yang sudah ternama, dikenal karena sudah lama berdiri, tapi bukan karena kecepatan dan ketepatan waktu dalam pengiriman. Ada juga perusahaan seperti ini yang masih bertahan dengan pola konvensional, sehingga kalah bersaing dalam pelayanan.

Ada beberapa perusahaan jasa pengiriman barang yang menjadi langganan anak saya pada awalnya, namun karena banyak terima complaint dari pelanggan, akhirnya hanya tinggal satu perusahaan yang saya lihat masih dipertahankannya.

Bagi anak saya perusahaan jasa pengiriman yang satu ini komitmennya terhadap pelayanan sangat disukainya. Perusahaan tersebut adalah, PT Global Jet Express pemilik merek dagang Jasa Pengiriman Ekspress J&T Express sudah merambah 5 negara di Asia Tenggara.

Kebetulan juga Kantor Agen terdekatnya tidak jauh dari rumah saya di Kramat Sentiong, sehingga kapan waktupun mau mengirim barang bisa langsung dibawa ke agen J&T Express yang ada didekat rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun