Mohon tunggu...
Aisyah Supernova
Aisyah Supernova Mohon Tunggu... Konsultan - man purposes God disposes - ssu

Muslimah | Your Future Sociopreneur ! | Islamic Economic Science Bachelor | Islamic World, Innovation, Technology and Entrepreneurship Enthusiast | Sharing, Writing and Caring Addict | Because i want to see my God one day. It's my ultimate goal...!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

"Opening Ceremony Asian Games 2018" Luar Biasa Bikin Menganga

17 Desember 2018   14:36 Diperbarui: 17 Desember 2018   14:41 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

#latepost

Semalem gue baru saja pulang dari melakukan salah satu agenda mendesak. Pulang malem habis Isya. Pas banget nyampe kamar Mama gue lagi nyalain TV. Yak. Mantap. Opening Asian Games di GBK. Pas bener alhamdulillah.. 

Sambil nyender, gue perhatiin banget. Pas sesi ribuan penari Ratoh Jaroe bentuk formasi dengan atraksi mengagumkan. Saat itu, selama beberapa menit mata gue kayaknya hampir gak ngedip. Jantung gue berdebar. Air mata terbit di pojokan mata gue. Takjub, terkesima, mulut nganga, perasaan terharu, salut dan bangga berbaur jadi satu. Gue nangis dong.. !

Beneran, baru sekali gue nangis menyaksikan sebuah performa tarian. Kalau lagu, tentu aja pernah. Tapi tarian, gue belum pernah.. Aduh, asli.. menurut gue ini penampilan seni tari terkeren dari bangsa gue yang pernah gue saksikan..! 

Rapih banget, kompak banget, formasi keren, semangat dan jiwanya menggemuruh, tumpah ruah sampe ke sukma gue yang cuma bisa nonton di rumah. Tuhan, luar biasanya manusia-manusia-Mu...! Setelahnya, tentu gue gak stop nonton itu pembukaan Asian Games sampe selesai. 

Selanjutnya adalah kedatangan dari 45 negara di Asia yang menjadi peserta di Asian Games 2018. Ada beberapa negara yang membuat gue terkesan. Beragam banget ras, wajah, postur, gestur, busana tradisional, bendera, etnis dan bahasa di Asia ya. Gue baru tau kalau Maldives itu di Asia juga. Norak yak.. Hehe. 

Gue juga agak tercengang waktu ngeliat ada perwakilan dari Nepal, negara yang seperhatian gue jarang banget masuk berita. Hehe. Ada juga tuh perwakilan negara yang cuma pakai maap, kolor doang. kocak banget. Mungkin emang gitu kali ya khas nya. Hehe.. Ada juga negara-negara yang berakhiran 'tan' emang guanteng dan cuantik-cuantik ya. Hehe. Tajikistan, Uzbekistan, Afghanistan, dan tan-tan lainnya.. Perwakilan dari China dan negara-negara sekitarnya juga buanyak bener perwakilannya. Kayak se-RW. Hehe. 

Tapi seneng lah semarak yang ngeramein Asian Games di Indonesia tercinta ini. Ada juga Jepang yang jadi satu-satunya negara yang membawa benderanya dengan bendera Indonesia. Keren solidaritasnya jadi kelihatan. Sepanjang para atlet dari berbagai negara ini melintas, para penari Ratoh Jaroe nya tetap action dong dengan tarian sambutannya yang ampun deh lama tapi semangat dan senyum mereka gak luntur-luntur tuh. Salut.. ! Ada dua negara yang gue rasa sambutannya paling meriah di GBK. Pertama Korea yang gue rasa banyak Kpopers jadi penonton keknya dan kedua yang paling besar sambutannya setelah Indonesia sendiri itu Palestina. 

Hati gue berdesir. Gimana enggak, negeri yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia ini punya ikatan batin yang kuat banget kan sama kita. Mata gue ngambang lagi. Mana ganteng dan cantik lagi perwakilannya. Untungnya, Israel gak dateng. Kalo dateng, yakin gue bakal abis disorakin. Hehe.. Ohya, kostum garuda yang dipakai di pengiring perwakilan para atlet per negaranya juga keren banget. Elegan, kental budaya dan filosofi Indonesianya dan gak terbuka. Keren banget pokoknya ! 

Terakhir, dari Indonesia. Nah ini deh terbanyak. Ya iyalah namanya juga tuan rumah yak. Hehe. Tapi keliatan banget 'pride and happiness vibes' nya. Sampe ada yang loncat-loncat. Seneng banget gue liatnya.. ! Berlanjut, ada penampilan dari berbagai penyanyi tanah air dan penampilan tarian dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam sesi ini, gue juga salut banget. Penyanyi-penyanyi papan atas tanah air dengan busana daerah Indonesia yang kental budaya juga elegan dengan modernitas meghiasi layar kaca. 

Di mulai dari Via Vallen yang menyanyikan lagu theme song Asian Games, disusul penyany-penyanyi lainnya. Gue ngucap 'ma shaa Allah' kayaknya puluhan atau ratusan kali deh. Salut gue asli. Penarinya juga keren, semua busana daerah yang dikenakan dan tariannya aduh manjain mata banget. Terharu dan bangga akan bangsa ini memuncak pesat. Hehe.. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun