Mohon tunggu...
Aisyah Supernova
Aisyah Supernova Mohon Tunggu... Konsultan - man purposes God disposes - ssu

Muslimah | Your Future Sociopreneur ! | Islamic Economic Science Bachelor | Islamic World, Innovation, Technology and Entrepreneurship Enthusiast | Sharing, Writing and Caring Addict | Because i want to see my God one day. It's my ultimate goal...!

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

"The Sense of Pasrah"

10 Juli 2018   21:49 Diperbarui: 10 Juli 2018   22:16 432
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Barusan gue abis ngajar. Biasa, privat. Belum jadi dosen. Soon to be in shaa Allah aamiin. Hehe. Singkat cerita, gue hectic banget ngerjain suatu keperluan. Cukup urgent gue rasa. 

Hingga mepet ke jam ngajar gue, gue jadi gak sempet review materi gue sama sekali. kali ini gue ngajar ke salah seorang murid gue yang lulusan SMA dan pengen lanjut ujian mandiri. Ekonomi subjeknya. 

Kan, ekonomi SBMPTN mayan juga deh materinya, At least buat gue pribadi gue harus review materi. Nah, karena gue gak sempet belajar sama sekali, jadilah gue berdoa dalam sujud gue yang kurang lebih " Ya Alloh, hamba akui hamba salah tidak belajar terlebih dahulu. Tapi bukan karena kemauan hamba.. hamba mohon pertolongan-Mu..". Dan, cus gue berangkat gak lama setelahnya. Gue pasrah..

Sampai di rumah murid gue, ya cus lah kita langsung belajar. Kita buka materi dan pembahasannya. To be honest, gue resah juga. Gue khawatir gue payah ngejelasinnya karena belum prepare sama sekali. Namun, emang namanya Alloh Maha Menolong, entah gimana ceritanya lancar bin aman gue jelasinnya.. entah gimana ceritanya gue ngerti aja tiba-tiba. Ma shaa Allah.

Kejadian macem ini gak sekali dua kali gue alamin. Berkali-kali. Segala puji bagi Alloh. Entah gimana, kalo kita pasrah dengan alasan yang memang bener, ya Alloh tuh pasti nolongin. Asli. Kerennya, nolonginnya itu gak nanggung-nanggung. Sampai di luar biasanya ekspektasi gue.

Diantara kejadian saat gue pasrah dan dapet pertolongan Alloh itu saat gue dapet beasiswa pas kuliah. Ah ceritanya panjang..intinya luar biasa gimana Alloh  nolong gue.. termasuk gue pernah lolos ujian, yang mana gue punya 4 alpha dan yang terbanyak kayaknya sekelas. 

Anehnya, pengawas ujian itu seolah gak liat jumlah alpha gue yang jelas-jelas kertasnya dipegang di tangannya. Alasan alpha gue jelas. Gue gak usah jelasin apa, intinya bukan buat cabut kelas yang aneh-aneh..

Gue juga pernah dapet makanan komplet dari bu Kos beberapa kali saat duit gue cekak bahkan nol sama sekali. Juga berapa kali lolos dari razia polisi saat surat gue  gak lengkap. Seolah polisi gak ngeliat gue. 

Padahal jelas gue lewatin polisinya..gue juga pernah coba maju ke depan untuk menjawab sebuah kurva ekonomi yang belum pernah gue pakai sama sekali yang ditanyakan dosen gue. Pas maju, gue deg-degan abis. Pasrah aja. Eh Ma shaa Allah bisa jelasin dan bener.  Pokoknya kalau diinget-inget dan dihitung, banyak banget deh..

ma shaa Allah Alloh betapa sering nolong hambaNya yang udah pasrah, udah angkat tangan nyerah lah istilahnya.. intinya, bukan seberapa hebat dan pinter apalagi kuat kita dalam mengahadapi masalah. Tapi seberapa Alloh mau menolong kita saat kita ada masalah.. kalian juga pasti sering banget kan di tolong Alloh? Aduh Rabb, You Are The Sweeetest One banget deh ..

Wallahu 'alam..

Saling mengingatkan dan mendoakan ya sobat :)..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun