Oleh : Aisyah Sherly Asputri
Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNJ
Kemajuan internet dengan dibarengi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi telah memberikan kemudahan bagi manusia dalam menjalankan aktivitas di dalam kehidupan sehari-hari. Kemudahan mengakses internet menjadi semakin mudahnya orang-orang untuk mengetahui perkembangan dunia (Wahyudi dan Sukmasari, 2018).Â
Dengan teknologi yang canggih seperti smartphone dan jaringan internet menjadi makanan sehari-hari orang-orang diera globalisasi sekarang ini. Didalam penggunaan internet tentunya tidak terlepas dari media sosial didalamnya, dimana sudah begitu banyak tercipta media sosial yang ada dimasyarakat, bahkan hampir di setiap negara memiliki media jaringan sosial lokal masing-masing.Â
Media sosial inilah yang menjadi konsumsi bagi para pengguna Internet di Indonesia tidak kecuali orangorang di Indonesia, hampir semua orang mempunyai media sosial.Â
Media sosial menjadi salah satu aspek dari kemajuan internet dan teknologi informasi dan komunikasi. Berbagai hal dilakukan melalui media sosial, termasuk melakukan komunikasi dan juga mencari informasi.
Pengaruh media sosial di tengah era globalisasi kepada generesi muda begitu kuat. Dalam era globalisasi saat ini, peran media sosial sangat penting dibutuhkan oleh manusia untuk berinteraksi dengan satu sama lainnya. Media sosial ini memberikan pengaruh yang cukup besar kepada generasi muda pada saat ini.
Media sosial memberikan sebuah wadah untuk dapat dimanfaatkan oleh generasi muda dalam memberikan suatu pendapat, bertukar pikiran dan saling memberikan informasi satu sama lain.Â
Oleh karena itu, media sosial dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap karakter generasi muda yang masih cenderung labil dan mudah untuk termakan oleh informasi yang tidak benar atau HOAX.
Karena pada kenyataanya Generasi muda dapat mengakses terkait informasi terkini dan terhangat melalui media sosial dengan sangat bebas, cepat tanpa ada batas waktu dan juga ruang.Â
Sudah dipastikan banyaknya informasi dan berita yang telah menyebar dengan sangat luas di media sosial. Informasi yang tersebar luas di media sosial harus disaring lebih kuat karena informasi yang tersebar tersebut belum tentu pasti kebenarannya yang ditampilkan.