Mohon tunggu...
Aisyah Nabila
Aisyah Nabila Mohon Tunggu... Mahasiswa, Telkom

Hobi saya adalah membaca novel dan traveling , saya orang yang ceria dan memiliki jiwa sosial tinggi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Bisnis Rekreasi

8 Juni 2025   17:16 Diperbarui: 8 Juni 2025   17:16 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Manajemen bisnis rekreasi di Indonesia berkembang pesat seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap wisata dan hiburan. Teknologi berperan penting dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendukung strategi pemasaran yang lebih efektif. Berbagai inovasi seperti pemesanan daring dan virtual reality kini menjadi bagian integral dari industri ini. Program S1 Manajemen Bisnis Rekreasi di Telkom University hadir untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan industri melalui kurikulum berbasis teknologi dan kebutuhan pasar.

Teknologi juga memungkinkan analisis data wisatawan untuk memahami preferensi mereka, menyesuaikan layanan, dan menetapkan harga secara dinamis. Informasi destinasi kini lebih mudah diakses, mendukung pengalaman yang lebih personal dan terarah.

Kualitas pelayanan adalah fokus utama bagi perusahaan yang berusaha untuk membangun hubungan kuat dengan pelanggan. Kualitas pelayanan dalam hal ini mencakup seluruh pengalaman pelanggan (customer experience) selama berinteraksi dengan brand atau merek tersebut.

Perkembangan media sosial mengubah cara bisnis rekreasi berkomunikasi dengan pelanggan. Strategi pemasaran digital berbasis platform seperti Instagram, TikTok, dan YouTube membantu menjangkau audiens lebih luas. Dalam program studi, mahasiswa akan mempelajari teknik pemasaran digital untuk menciptakan bisnis yang kompetitif.

Pemanfaatan teknologi menciptakan peluang besar untuk kemajuan industri rekreasi. Inovasi ini mendorong pengalaman wisata yang lebih nyaman dan menarik. Adaptasi terhadap tren teknologi menjadi kunci keberlanjutan bisnis, dan Telkom University menawarkan pendidikan yang relevan untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Inovasi Teknologi dalam Bisnis Rekreasi:

  1. Digitalisasi Reservasi dan Pembayaran
    Pemesanan tiket secara online serta sistem pembayaran digital (e-wallet, QR code, mobile banking) meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pelanggan serta mendukung strategi berbasis data.

  2. Augmented Reality (AR) & Virtual Reality (VR)
    AR/VR memberikan pengalaman wisata interaktif, digunakan di taman hiburan dan destinasi edukatif, termasuk pemandu wisata digital tanpa kehadiran fisik pemandu.

  3. Pemasaran Digital dan Media Sosial
    Media sosial dan AI memungkinkan promosi yang lebih efektif dan terarah. Strategi seperti SEO, PPC, influencer marketing, dan content marketing meningkatkan visibilitas digital bisnis.

  4. IoT dan Smart Tourism
    Sensor dan perangkat pintar meningkatkan pengalaman pengunjung, seperti antrian otomatis dan pencahayaan cerdas, serta mendukung keamanan melalui pengawasan real-time.

  5. Aplikasi Mobile
    Aplikasi menyediakan layanan seperti pemesanan tiket, peta interaktif, panduan wisata, dan informasi promosi dengan notifikasi otomatis, mempermudah akses wisatawan.

  6. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun