YOGYAKARTA, KOMPASIANA - KKN Reguler 88 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) unit XI.D.3 mengadakan seminar UMKM dengan topik "Pemasaran Produk Secara Online Berbasis Digital Marketing" kepada pelaku UMKM mebel di Dusun Salam,Temuwuh, Dlingo, Bantul, Senin (21/2).Â
pemasaran produk melalui e-commerce (Shopee, Olx, Facebook), dan tutorial pembuatan akun di platform e-commerce.
Rio menjelaskan, pihaknya telah berkunjung dan survei terlebih dulu ke beberapa UMKM di Dusun Salam, di antaranya usaha meubel UD. Langgeng Jaya milik Timbul dan UD. Gatot Meubel milik Poniran.
"Kami tertarik mengangkat tema ini karena melihat potensi yang ada di dusun ini, tapi kurang maksimal dalam pemasaran. Padahal, pemasaran penting sekali agar usaha terus berkembang," terangnya dalam keterangan tertulis, Sabtu(19/2).
Menurut Rio, usaha mebel yang dihasilkan Timbul dan Poniran memiliki beberapa kelebihan, seperti bahan baku kayu yang berkualitas, dapat  memproduksi berbagai macam furniture dengan variasi yang berbeda dan melayani pengiriman ke luar kota.
"Sayangnya para pelaku usaha ini belum pernah memasarkan produknya melalui media sosial. Mereka hanya membuat produk ketika ada pesanan yang masuk dan sangat jarang memproduksi dalam skala besar. Maka, usaha mebel ini tidak terlalu banyak dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas.
"Anggota tim KKN, Indah menambahkan, setelah melakukan survei, strategi pemasaran melalui media sosial inilah yang dibahas pada kegiatan sosialisasi penyuluhan UMKM. Sebab, banyak di antara mereka yang kesulitan untuk memasarkan produk dan menjangkau pasar yang lebih luas.
 "Kegiatan seminar ini dihadiri oleh  pelaku UMKM mebel dengan latar belakang berbeda-beda. Mereka pun sangat antusias untuk belajar bagaimana melakukan penjualan melalui media sosial," tandas Indah.