Travel Pilihan

8 Destinasi Populer dan Asyik yang Wajib Dikunjungi Tahun Ini

11 Februari 2019   18:35 Diperbarui: 11 Februari 2019   19:53 112 1 0
8 Destinasi Populer dan Asyik yang Wajib Dikunjungi Tahun Ini
Sumber : foto pribadi

1. Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran Al Mubarok - Kediri, Jawa Timur

Pondok pesantren merupakan salah satu tempat menuntut ilmu bagi umat islam. Di Pulau Jawa tepatnya, banyak sekali didirikan pondok-pondok pesantren yang bertujuan untuk memudahkan anak-anak muda saat ini dalam mempelajari ilmu agama di masa-masa modern ini. Nah salah satunya yaitu Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran Al Mubarok di Kediri, Jawa Timur. 

Pondok Pesantren ini baru mulai didirikan pada tahun 2011, dahulu Pondok Pesantren ini hanyalah tempat untuk pengajian biasa seperti TPA. Kemudian pada tahun 2011 Kyai Nafi mendirikan Pondok Pesantren ini.

Mengenai sejarahnya, Kyai Nafi setelah menikah dan menuntut ilmu di Kudus kemudian pulang ke Kediri dan membangun Pondok Pesantren. Alasannya untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajarinya di Kudus bersama temannya dahulu yaitu habib syekh. 

Kemudian Pondok Pesantren ini mengadakan pengajian rutinnya di masjid baiturrohman setiap jumat ataupun  malam jumat. Nah, yang berbeda dengan ponpes lainnya, sebulan sekali abah dan para santrinya melakukan safari dakwah ke kampung-kampung. Tidak harus sebulan sekali, bahkan kadang setiap dua minggu sekali melakukan safari dakwah ke daerah pelemahan selatan.

Pondok Pesantren ini belum mempelajari kitab-kitab, mungkin karena berdirinya masih baru dan mayoritas santri-santriwatinya penduduk wilayah itu. Tetapi, Pondok Pesantren ini fokus kepada hafalan Alquran serta sholawat-sholawat yang dilantunkannya di setiap pengajiannya. Bahkan kelas 1 SD sudah hafalan Juz Amma. 

Nah karena difokuskan kepada hafalan, bahkan jika hafal 30 juz ini menjadi sebuah prestasi membagakan dan bisa menerima beasiswa yang diberikan oleh ponpes tersebut. 

Bahkan bisa dibawa ke Kudus oleh abah atau kyai ponpes untuk selanjutnya diajarkan ilmu-ilmu agama yang lainnya, dengan harapan ketika pulang ke Kediri nanti bisa berbagi ilmu kepada santri-santriwati lainnya. Kegiatan remaja ponpes ini ada berbagai macam, seperti hadroh marawis dan lain sebagainya. Kegiatan ini bahkan dilakukan ketika mereka libur sekolah, seperti di hari Sabtu dan di hari Minggu.

2. Museum Angkut - Batu, Malang

Sumber : blogkulo.com
Sumber : blogkulo.com
Siapasih yang gak tau Museum Angkut?

Museum Angkut terletak di lereng Gunung Panderman Kota Wisata Batu, Malang. Museum tersebut memiliki beberapa koleksi transportasi baik darat, laut, maupun udara. 

Di dalamnya juga terdapat koleksi transportasi sebelum jaman modern yang di produksi dari dalam maupun dari luar negeri. Terdapat 300 lebih koleksi transportasi yang digerakkan oleh tenaga manusia dan tenaga mesin. Museum ini termasuk sebagai museum yang dibanggakan Indonesia di kancah Internasional.

Museum Angkut memiliki beberapa zona diantaranya Asia, Eropa, Amerika, dll. Dalam zona-zona tersebut terdapat setting landscape bangunan-bangunan dari beberapa kota terkenal. 

Berjalan di zona tersebut terasa seperti berada di kota aslinya dengan dilengkapi mobil kuno ala benua eropa, yang paling menarik perhatian adalah salah satu koleksi terbarunya yang di pamerkan di zona mobil balap yakni mobil listrik Tucuxi milik Dahlan Iskan yang sebelumnya mengalami kecelakaan dalam uji percobaannya di lereng gunung di Magetan, Jawa Timur.

3. Warung Mbok Sri - Batu, Malang

Sumber : Trivadvisor.fr
Sumber : Trivadvisor.fr
Siapa yang tidak mengenali rumah makan yang terkenal ini di daerah Batu Malang, yap Warung Mbok Sri adalah salah satu destinasi bagi para wisatawan domestik ataupun mancanegara yang sedang berlibur di daerah Batu Malang. Masakan khas Indonesia ini banyak disukai oleh para pengunjungnya. 

Dengan view perbukitan yang bagus dibalik bangunan ini, serta spot-spot foto yang instragamable didalam rumah makan ini, menjadikan daya tarik yang tinggi juga bagi para pengunjungnya. Alamat lengkap Warung Mbok Sri ini yaitu terletak di jalan Ir. Soekarno No. 7 Kota Batu Malang. Dahulu nama tempat wisata kuliner ini yaitu Warung Wareg kemudian di ganti dengan Warung Mbok Sri yang kita ketahui semua sampai saat ini.

Warung Mbok Sri buka setiap hari dimulai pukul 09:00 -- 22:00 WIB. Dengan bangunan bertingkat 2 menjadikan tempat ini sangat luas dan bisa dijadikan destinasi makanan bagi para wisatawan yang membawa rombongan dengan kapasitas yang banyak. Dilengkapi juga dengan sarana yang bermanfaat dan mendukung bagi para pengunjungnya, yaitu seperti tempat parkir yang luas, toilet serta wastafel, dan musholla tentunya. 

Tempatnya juga dibedakan bagi yang ingin prasmanan ada di lantai 2 sebelah kiri pojok tangga. Sedangkan jika ingin sendiri atau berdua pun bisa, tempatnya ada dilantai 2 sebelah kanan tangga. Sangat strategis. Berbicara mengenai menu makanan di Warung Mbok Sri ini, sudah tidak diragukan lagi rasanya. Dengan khas nusantaranya, menjadikan menu di tempat ini sangatlah cocok bagi orang Indonesia.

Menu yang diandalkan dari Warung Mbok Sri ini adalah olahan gurame dalam berbagai jenis masakan, seperti sup asem-asem gurame, gurame cobek, gurame crispy, gurame asam manis, gurame kecap pedas, gurame mentega telor asin, dan gurame mentega pedas. Sedangkan untuk olahan gurame bakar ada 2 pilihan yaitu gurame bakar manis dan gurame bakar manis pedas. 

Nah bukan hanya ikan gurame saja, bagi penggemar sayur ditempat ini tersedia berbagai menu sepertin sayur asem, cah kangkung, cah taoge, cah sawi, cah selada, cah baby buncis, serta urap-urapan yang tentunya rasanya sangat menggiurkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3