Mohon tunggu...
Aisyah Putri
Aisyah Putri Mohon Tunggu...

Mahasiswi UNJ

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

8 Destinasi Populer dan Asyik yang Wajib Dikunjungi Tahun Ini

11 Februari 2019   18:35 Diperbarui: 11 Februari 2019   19:53 0 1 0 Mohon Tunggu...
8 Destinasi Populer dan Asyik yang Wajib Dikunjungi Tahun Ini
Sumber : foto pribadi

1. Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran Al Mubarok - Kediri, Jawa Timur

Pondok pesantren merupakan salah satu tempat menuntut ilmu bagi umat islam. Di Pulau Jawa tepatnya, banyak sekali didirikan pondok-pondok pesantren yang bertujuan untuk memudahkan anak-anak muda saat ini dalam mempelajari ilmu agama di masa-masa modern ini. Nah salah satunya yaitu Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran Al Mubarok di Kediri, Jawa Timur. 

Pondok Pesantren ini baru mulai didirikan pada tahun 2011, dahulu Pondok Pesantren ini hanyalah tempat untuk pengajian biasa seperti TPA. Kemudian pada tahun 2011 Kyai Nafi mendirikan Pondok Pesantren ini.

Mengenai sejarahnya, Kyai Nafi setelah menikah dan menuntut ilmu di Kudus kemudian pulang ke Kediri dan membangun Pondok Pesantren. Alasannya untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajarinya di Kudus bersama temannya dahulu yaitu habib syekh. 

Kemudian Pondok Pesantren ini mengadakan pengajian rutinnya di masjid baiturrohman setiap jumat ataupun  malam jumat. Nah, yang berbeda dengan ponpes lainnya, sebulan sekali abah dan para santrinya melakukan safari dakwah ke kampung-kampung. Tidak harus sebulan sekali, bahkan kadang setiap dua minggu sekali melakukan safari dakwah ke daerah pelemahan selatan.

Pondok Pesantren ini belum mempelajari kitab-kitab, mungkin karena berdirinya masih baru dan mayoritas santri-santriwatinya penduduk wilayah itu. Tetapi, Pondok Pesantren ini fokus kepada hafalan Alquran serta sholawat-sholawat yang dilantunkannya di setiap pengajiannya. Bahkan kelas 1 SD sudah hafalan Juz Amma. 

Nah karena difokuskan kepada hafalan, bahkan jika hafal 30 juz ini menjadi sebuah prestasi membagakan dan bisa menerima beasiswa yang diberikan oleh ponpes tersebut. 

Bahkan bisa dibawa ke Kudus oleh abah atau kyai ponpes untuk selanjutnya diajarkan ilmu-ilmu agama yang lainnya, dengan harapan ketika pulang ke Kediri nanti bisa berbagi ilmu kepada santri-santriwati lainnya. Kegiatan remaja ponpes ini ada berbagai macam, seperti hadroh marawis dan lain sebagainya. Kegiatan ini bahkan dilakukan ketika mereka libur sekolah, seperti di hari Sabtu dan di hari Minggu.

2. Museum Angkut - Batu, Malang

Sumber : blogkulo.com
Sumber : blogkulo.com
Siapasih yang gak tau Museum Angkut?

Museum Angkut terletak di lereng Gunung Panderman Kota Wisata Batu, Malang. Museum tersebut memiliki beberapa koleksi transportasi baik darat, laut, maupun udara. 

Di dalamnya juga terdapat koleksi transportasi sebelum jaman modern yang di produksi dari dalam maupun dari luar negeri. Terdapat 300 lebih koleksi transportasi yang digerakkan oleh tenaga manusia dan tenaga mesin. Museum ini termasuk sebagai museum yang dibanggakan Indonesia di kancah Internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5