Mohon tunggu...
Aisthi Sahla
Aisthi Sahla Mohon Tunggu... Mahasiswa

Love yourself first

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kalkulus dan Manfaatnya

24 Juni 2019   18:24 Diperbarui: 24 Juni 2019   18:41 3569 0 0 Mohon Tunggu...

Menurut wikipedia, kalkulus adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret tak terhingga. Kalkulus adalah ilmu yang mempelajari perubahan, sebagaimana geometri yang mempelajari bentuk dan aljabar yang mempelajari operasi dan penerapannya untuk memecahkan persamaan. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer.

Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus. Contoh cabang kalkulus yang lain adalah kalkulus proposisional, kalkulus variasi, kalkulus lambda, dan kalkulus proses. 

Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbang menuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi, yang khusus mempelajari fungsi dan limit, yang secara umum dinamakan analisis matematika.

Sangat menarik dalam mempelajari materi kalkulus, sebab kalkulus digunakan hampir di setiap cabang sains fisik, sains komputer, statistik, teknik, ekonomi, bisnis, kedokteran, kependudukan dan di bidang-bidang lainnya.

Lalu, apa manfaat dari kalkulus itu sendiri?

Dalam bidang Kedokteran kalkulus digunakan untuk menghitung volume kanker dan koordinat-koordinatnya karena  umumnya sel kanker tidak mungkin berbentuk prisma, tabung, kerucut atau limas yang mudah sekali dihitung volumenya. 

Di bidang Ekonomi, kalkulus digunakan untuk menghitung biaya marjinal dan pendapatan marjinal, yang memungkinkan para ekonom untuk memperkirakan keuntungan maksimum dalam setting tertentu. dalam bidang Ilmu Teknologi (IT) kalkulus digunakan untuk me-render obyek 3D yang hasilnya realistik. Dalam bidang politik kalkulus digunakan untuk membuat siasat. Sedangkan dalam bidang pendidikan kalkulus berguna untuk meningkatkan minat belajar, meningkatkan gairah belajar, meningkatkan kreatifitas dan komunikasi.

Kalkulus adalah ilmu yang sangat amat berguna, dengan mempelajari kalkulus banyak manfaat selain mahir menghitung, lebih teliti yang akan kita dapatkan . Oleh karena itu, sudah sepantas nya mulai saat ini kita mengubah perspektif kita terhadap kalkulus. Kita ubah pandangan kita yang menganggap kalkulus adalah pelajaran yang sulit dan hanya membuat kepala pusing dengan menganggap kalkulus adalah pelajaran yang mengasyikan dan menyenangkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x