Mohon tunggu...
Aisa Khoiru Shofa
Aisa Khoiru Shofa Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Never Give Up

Jangan takut untuk mencoba, mulai keluarlah dari zona nyaman dan memulai dengan hal hal baru yang menantang untuk membuat menjadi lebih dewasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kegiatan KKN-DR UIN Malang Pokja Thorin Dusun Princi Desa Gaing Kulon Kecamatan Dau Kabupaten Malang

28 Januari 2022   03:00 Diperbarui: 28 Januari 2022   03:01 126 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KKM-DR UIN MALANG Pokja Thorin merupakan salah satu kelompok kerja yang bertempat di salah satu wilayah yang ada di Desa Gading Kulon tepatya di Dusun Princi. Pokja Thorin beranggotakan 14 orang yang berasal dari berbagai jurusan. Kemudian dibagi dalam beberapa divisi untuk memudahkan koordinasi dan lebih terorganisir dalam segala kegiatan.

Salah satu program kerja dari KKM-DR UIN MALANG Pokja Thorin adalah membuat pojok baca. Pada awalnya Pokja Thorin berencana membuat pojok baca di Musholla atau Masjid. Namun setelah berkoordinasi dengan bapak kepala dusun, akhirnya kami dari pokja thorin sepakat membuat pojok baca di PAUD karena dinilai lebih terjangkau. Adapun buku-buku yang akan ditaruh di tempat pojok baca tersebut didapat dari hasil donasi yang dibuka selama kurang lebih 2 minggu melalui poster yang disebarkan melalui media sosial. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan. Selain itu dengan adanya donasi ini dapat menjadikan wadah bagi masyarakat yang masih memiliki beberapa buku layak baca.

Dengan adanya Program Pojok Baca ini, kami KKM-DR UIN MALANG Pokja Thorin mempunyai tujuan untuk meningkatkan literasi membaca buku dikalangan anak-anak. Karena kami KKM-DR Pokja Thorin juga menyadari bahwasannya budaya membaca buku ini sangat penting untuk dilestarikan pada zaman sekarang dan kami juga berusaha agar anak-anak dapat menyukai kegiatan membaca buku sejak usia dini. 

Karena bagaimanapun tidak dapat dipungkiri bahwa anak zaman sekarang lebih tertarik dengan gawai dari pada buku. Karena inilah kami KKM-DR UIN MALANG Pokja Thorin berusaha untuk membuat pojok baca yang menarik dan nyaman sehingga anak-anak tertarik untuk membaca.  

Untuk menarik perhatian para pembaca khusunya anak-anak maka kami dari KKM-DR UIN MALANG Pokja Thorin berantusias untuk mendesain pojok baca dengan sebaik mungkin menggunakan beberapa hiasan. Kami membuat tiga rak yang akan dipasang di bagian pojok kelas di PAUD. Dan untuk persiapan mendesain hingga pembuatan beberapa hiasan dari pojok baca kurang lebih memakan waktu sekitar 2 minggu. buku yang Tepatnya pada tanggal 26 Januari 2022 Program Pojok Baca yang berada di PAUD telah selesai  kami kerjakan.

dokpri
dokpri

Adapun kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pokja Thorin adalah membantu mengajar di PAUD serta TPQ. Mengajar PAUD dilakukan pada pagi hari mulai pukul 08.00-10.00 WIB. Kegiatan yang dilakukan juga beragam seperti menggunting, menggambar, menempel, mewarna, dan lain sebagainya. Murid PAUD juga dibiasakan untuk hidup bersih dan beberapa pembiasaan lainnya seperti, membaca doa, menghafal melalui lagu, dan lain-lain. 

Sebagai pengajar perlu memiliki kesabaran yang lebih dalam menghadapi murid PAUD. Saat pagi memasuki kelas guru mengumpulkan murid dan diajak bernyanyi sambil belajar setelah itu murid duduk sesuai tempat masing masing dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam posisi hormat. Saat sudah melaksanakan kegiatan rutin pagi guru mulai masuk pada materi, secara perlahan guru mengajarkan murid PAUD dengan media gambar yang biasanya dapat digunting, diwarna ataupun yang lainnya menyesuaikan materi yang disampaikan. Materi tersebut setiap minggunya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada serta disesuaikan dengan keadaan disekitar murid PAUD.

Selanjutnya kegiatan rutin TPQ yang dilaksanakan di musola pada pukul 15.00-16.30 WIB. Lebih dari 40 anak mengikuti kegiatan TPQ dengan bersemangat meskipun terkadang hujan turun saat akan berangkat TPQ. Pada TPQ tersebut memiliki kurikulum tetap yang dipakai yaitu "Bilqolam" sehingga juga menggunakan buku atau kitab. Dalam pelaksanaannya juga dibagi menjadi beberapa kelas sesuai tingkatan dan kemampuan siswa agar lebih fokus. 

Setiap kelas dipegang oleh satu guru dan setiap siswa memiliki buku penilaian yang diisi oleh guru untuk mengetahui perkembangan kemampuan siswa. Pada tanggal 20 Januari 2022 kami dari KKM UIN Malang mengadakan kegiatan lomba lomba untuk siswa  TPQ. Terdapat dua cabang lomba yang dilaksanakan yaitu cerdas cermat dan mewarnai hal ini dilakukan untuk menyesuaikan tingkatan kemampuan siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan