Mohon tunggu...
Airani Listia
Airani Listia Mohon Tunggu... Penulis - Ibu Rumah Tangga dan Freelance Content Writer

Mantan pekerja yang sedang sibuk menjadi emak-emak masa kini. Hobi menyebarkan kebaikan dengan tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Anugerah di Balik Perubahan Tubuh Perempuan Setelah Melahirkan

26 Agustus 2023   05:44 Diperbarui: 27 Agustus 2023   00:06 978
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi ibu hamil I Sumber: pexels.com/Pavel Danilyuk

"Apakah kamu saat ini sedang dalam kondisi hamil, atau baru saja melahirkan?"

"Apakah pernah kamu mengkhawatirkan perubahan pada tubuhmu setelah melahirkan?"

Beberapa waktu lalu, saya menonton sebuah video reels di instagram tentang perubahan tubuh perempuan saat masih gadis dan setelah melahirkan. Dalam video tersebut, ibu muda itu tampak jauh berbeda.

Saat masih gadis, ibu itu sangat cantik, badannya ramping, dan tubuhnya sangat terawat. Berbeda ketika ia sudah melahirkan, kondisinya banyak jerawat di wajah, perut membuncit, dan terlihat sangat gemuk.

Komentar mulai bermunculan di video reels tersebut. Banyak yang berkata bahwa ia tidak pandai merawat diri, suami tidak mengurusnya dengan baik, sampai pada komentar menohok yang berkata itulah alasan para pria tidak setia. Juga ada yang membela perempuan itu, mengatakan bahwa perubahan itu wajar.

Wah, membaca komentar-komentar yang bermunculan di postingan video tersebut, membuat saya geleng-geleng kepala. Padahal, belum tentu mereka mengetahui kenyataan di balik perubahan tubuh perempuan setelah melahirkan. Inilah fakta yang harus kamu ketahui!

Perubahan tubuh pada perempuan setelah melahirkan

Berbicara mengenai perubahan tubuh, saya sendiri sebagai ibu yang pernah melahirkan dua orang anak laki-laki, juga pernah mengalami perubahan itu. Walau mungkin, perubahan yang saya alami tidak separah yang dialami ibu muda dalam video yang saya tonton.

Saya pernah mengalami perut membuncit, berat badan naik 10 kg, muncul stretch mark di perut, sampai rambut rontok parah, dan masih banyak lagi. Perubahan tubuh yang terjadi pada saya setelah melahirkan, membuat rasa percaya diri saya sempat menghilang. Perasaan menjadi tidak karuan dan sering mengeluh sendiri.

Namun, saya tak ingin lama bersedih dan kembali memulai aktivitas normal. Mengurus rumah, anak, dan suami kembali. Saat saya sudah pulih setelah melahirkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun