Mohon tunggu...
Ainun Fuadah Diyanah
Ainun Fuadah Diyanah Mohon Tunggu... -

Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengantar Psikologi Klinis

25 Februari 2014   07:57 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:29 1053 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Psikologi klinis,.. apa itu sih Psikologi Klinis ??? Mari baca lebih lanjut artikel ini... Berdasarkan pemahaman yang saya peroleh dari beberapa buku yang telah saya baca, dapat saya simpulkan bahwa psikologi klinis ini merupakan salah satu cabang psikologi terapan yang membahas tentangilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tidak sehat, normal dan tidak normal, yang dilihat dari aspek psikisnya. Namun ada beberapa ahli psikologi yang masih keberatan dan tidak sepakat dengan definisi psikologi klinis yang telah dibuat oleh ahli sebelumnya. Misalnya saja, Witmer (dalam Wiramihardja, 2006) menyatakan “psikologi klinis adalah metode yang digunakan untuk mengubah atau mengembangkan jiwa seseorang berdasarkan hasil observasi dan eksperimen dengan menggunakan teknik penanganan pedagogis”. Namun, Woodworth berkeberatan dengan definisi psikologi klinis yang disampaikan Witmer tersebut. Menurut ia, jika pengertian psikologi klinis itu seperti yang dikemukakan Witmer, sebaiknya tidak disebut psikologi klinis melainkan sebagai psikologi untuk memberi pelayanan yang bersifat personal atau sebagai alternatif. Namun, kita tak perlu bingung atau gusar mengenai perbedaan pengertian tersebut, karena yang lebih sering digunakan untuk dijadikan acuan dalam memahami definisi psikologi klinis ini adalah menggunakan definisi yang telah ditentukan oleh American Psychological Association (APA) yaitu sebagai berikut, psikologi klinis ini merupakan salah satu cabang dari psikologi terapan yang memahami mengenai karakteristik individu menggunakan metode pengukuran, analisis, pemberian saran, rekomendasi, agar individu mampu menyesuaikan diri dalam lingkungan sekitarnya.

Dalam psikologi klinis juga dikenal dengan istilah asessment. Nah looo .... apa lagi itu artinya ??? assesment klinis merupakan proses yang digunakan para psikolog klinis untuk mengamati dan mengevaluasi masalah yang sedang dihadapi oleh si klien. Beberapa metode assesment yang sering digunakan oleh para psikolog klinis antara lain, yaitu :

a.Wawancara

Wawancara ini meliputi tentang wawancara mengenai status mental, wawancara sosial-klinis, wawancara yang difraksikan, dan wawancara yang telah terstruktur.

b.Tes terstruktur

Tes ini berupa si klien / subyek diminta untuk menjawab dengan jelas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Ya atau tidak, jadi tidak boleh menjawab pertanyaan tersebut dengan samar-samar.

c.Assesment perilaku

Biasanya dilakukan dengan mengamati hal-hal yang dilakukan subyek atau klien dalam kehidupan sehari-hari.

d.Catatan kehidupan

Psikolog atau terapis mempelajari riwayat hidup si klien sehingga mengerti dan paham mengapa permasalahan yang dialami tersebut dapat terjadi.

e.Tes tak terstruktur

Tes ini modelnya seperti tes TAT dan tes Rorschah. Tes ini berupa pertanyaan-pertanyaan terhadap subyek atau klien yangmana subyek atau klien diberi kebebasan untuk menjawab pertanyaan tersebut secara gamblang atau panjang lebar.

Itu tadi merupakan model-model assesment yang biasa digunakan oleh para psikolog, namun masih banyak model-model yang masih belum saya sebutkan karena terlalu banyak dan tidak mungkin saya jelaskan satu persatu dan panjang lebar, ya kan ?? nanti pembaca merasa bosan jika baca tulisan saya yang tak ada spasinya ini. Hehehe... alay dikit yaa :D

Selain model-model tersebut ada juga istilah-istilah yang biasa di pakai dalam mempelajari psikologi klinis. Misalnya seperti perilaku abnormal (abnormal behavior), gangguan mental (mental disorder), psikopatologi (psychopatology) dan masih banyak lagi yang lainnya..

Wahh sepertinya pembahasan mengenai psikologi klinis ini cukup sampai disini dulu yaaa,... lain waktu kita sambung lagi pembahasan kita ini supaya kita memiliki wawasan yang lebih luas... semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca yaa... maaf apabila ada kekurangan.. karena kelebihan hanyalah milik Allah SWT dan kekurangan adalah milik hamba-Nya.. :D

Daftar Pustaka :

Wiramihardja, Sutardo. (2006). Pengantar Psikologi Klinis. Bandung: PT. Refika Aditama

Rohmah, Lailatur. (2012). Pengertian Psikologi Klinis. www.http://lailatur-rohmah.blogspot.com/2012/02/pengertian-psikologi-klinis.html. Diunduh tanggal 24-2-2014

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan