Mohon tunggu...
Aini NabilaMachfi
Aini NabilaMachfi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Upi Kampus Cibiru

hallo, semua selamat datang dan selamat membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKNT UPI 2021: Pembelajaran di Masa Pandemi TK AL- Fajar dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

30 Juli 2021   03:17 Diperbarui: 30 Juli 2021   03:27 86 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKNT UPI 2021: Pembelajaran di Masa Pandemi TK AL- Fajar dengan Mematuhi Protokol Kesehatan
Pada saat kegiatan pembelajaran dimana anak -- anak melakukan PROKES dengan baik dan berjaga jarak./dokpri

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Kebijakan di masa pandemi ini untuk melaksanakan kegaiatan secara daring tentunya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19). 

Hal ini akan sangat efektif dalam pencegahan penularaan virus Corona (Covid-19) karena menghindarkan seseorang kontak secara langsung dengan orang lain. Aktifitas yang dilakukan secara daring dapat memanfaatkan media masa seperti WhatsApp, Twitter, Instagram, Line dan lainnya dengan menggunakan ponsel, PC, atau laptop.

Kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia dalam pencegahan dan Penanggulangan dampak Covid-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa. 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) sendiri merupakan bentuk kegaiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Sebagai program yang sudah cukup lama dilaksanakan dan dikembangkan di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia. Namun pada kondisi pandemi saat ini program KKN dilakukan secara daring di lingkingan masing-masing namun tetap mematuhi protocol kesehatan.

Mahasiswa diusia produktif ini, dituntut secara kreatif dan inovatif untuk memanfaatkan media sosial dalam melaksanakan program KKN ini. Mulai dari program membangun desa melalui pendidikan dengan kegiatan, penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran salah satu jenjang pendidikan, pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran, mendesain, membuat, melengkapi dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan.

Membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke Youtube KKN UPI, membuat artikel untuk berita program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media sosial, menyusun dan menghasilkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara Desa/Kelompok Masyarakat/Sekolah dengan LPPM UPI sesuai dengan template dan ketentuan yang ada pada pedoman. Dan membuat artikel tentang pelaksanakan dan hasil program unggulan Kuliah Kerja Nyata Tematik melalui Bidang Pendidikan.

Dimana beberapa TK/PAUD yang ada di kota baru ini sekolahnya masih libur dan ada sekolah yang tidak menerima mahasiswa KKN karena sedikitnya siswa. Kegiatan yang dilakukan di TK AL-FAJAR ini melakukan pembelajaran dengan tatap muka karena menurut guru-guru di TK AL-FAJAR ini melakukan dengan daring ini anak-anak jadi kurang pemahaman soal pembelajaran, anak-anak jadi gampang mengantuk, anak-anak jadi kurang fokus untuk belajar nya, anak-anak jadi tidak punya teman. Guru -- guru dengan melakukan pembelajaran  tatap muka anak -- anak jadi senang, anak -- anak jadi semangat untuk belajar nya.

Tetapi, dengan melakukan pembelajaran tatap muka pada TK AL-FAJAR ini sangat salut karena sekolah nya mematuhi prokes dan berjaga jarak. Dimana sekolah nya sudah menyediakan cek suhu,handsanitizer,face shield dan wastafel. Sebelum melakukan pembelajaran anak mencuci tangan dan di cek suhu nya. Pada di dalam kelas jarak bangku anak dengan berjarak. Pada saat melakukan pembelajaran anak -- anak selalu dikasih handsanitizer maupun abis belajar,bermain, makan dan lain -- lainnya. Tidak hanya disekolah saja yang menyediakan handsanitizer tetapi anak -- anak pun sudah membawa handsanitizer sendiri.

Dalam kegiatan pembelajaran anak -- anak tidak ada yang membuka masker/face shield nya, dengan nya belajar tatap muka di TK AL -- FAJAR ini benar -- benar mematuhi PROKES yang telah dianjurkan oleh Mendikbud. TK AL -- FAJAR memiliki 12 siswa tetapi pada masa pandemi ini siswa dibagi menjadi 2 bagian dan kegiatan pembelajaran tersebut dimulai dari jam 07.30-09.00 dan jam 09.30-11.00.  pendidikan di TK AL - FAJAR saat pandemi ini sangat mematuhi PROKES

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x