Mohon tunggu...
Aini Farida
Aini Farida Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Hidup adalah pengabdian. Berusaha ikhlas untuk mendapat ridho Ilahi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Internet Menjadi Kebutuhan Pokok Bagi Sekolah, Lantas Apakah Starlink Menjadi Solusi Mengingat Harga Paketnya Mahal?

31 Mei 2024   18:17 Diperbarui: 31 Mei 2024   22:19 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi starlink (sumber: market.bisnis.com)

Digitalisasi sekolah seringkali mengalami hambatan karena sinyal internet yang  tidak mendukung.   Untuk melakukan sinkronisasi data saja harus berburu sinyal hingga menempuh jarak yang melelahkan. Apakah kehadiran starlink menjadi solusi mengingat mahal harga paketnya? 

Dengan diresmikan fasilitas internet starlink di Bali disinyalir  akan memberikan ruang gerak kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan layanan tersebut. Fasilitas internet Elon Musk ini mempunyai kelebihan mampu menembus daerah pedalaman. Teknologi ini terkoneksi  satelit luar angkasa tanpa fasilitas fiber optik dengan  menawarkan internet berkecepatan tinggi. (sumber: cnnindonesia.com, 17/05/2024). 

Pengintegrasian data  

Transformasi revolusi industri 4.0  mengharuskan adanya digitalisasi dan otomatisasi di segala aspek termasuk di bidang pendidikan. Integrasi data merupakan bagian yang tak terpisahkan. Dengan demikian pemerintah akan lebih mudah dalam melakukan pemantauan terhadap lembaga-lembaga pendidikan yang ada di seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta  bahkan yang ada di luar negeri.  Pelaporan pendidikan berpusat pada  Data Induk Kependidikan  yang merupakan hasil pengintegrasian pangkalan data  Dapodik, Emis dan PDdikti.    

Pada tahun ajaran 2012/2013 merupakan awal perilisan dapodik.  Saya sempat mengoperasikan aplikasi tersebut beberapa tahun.  Saat itu sistem belum terlalu rumit, sehingga jika terjadi kesalahan entri atau tidak ada kecocokan data maka proses tidak terlalu panjang, hanya cukup hapus dan mengganti di aplikasi atau bisa juga di laman verval dengan upload bukti dukung. 

Seiring berjalannya waktu,  pengintegrasian semakin disempurnakan. Dapodik terkoneksi dengan Dukcapil sehingga jika tingkat kesalahan data banyak, harus melibatkan operator dinas  dan apabila NIK tidak valid maka harus mengunjungi  kantor dukcapil. Efek ketidakvalidan data adalah penyaluran bantuan PIP pun menjadi terhambat. 

Berbagi kepentingan digunakan pemerintah melalui informasi yang diperoleh dari Dapodik. Selain penyaluran PIP bagi siswa tidak mampu juga digunakan sebagai dasar penyaluran dana Bos,  bantuan DAK, dan lain-lain. Aplikasi RKAS (pelaporan dana Bos) aplikasi E raport,  ANBK (asesmen nasional berbasis komputer), OSN, FLS2N, O2SN tarik data juga bersumber dari dapodik.

Selain itu ada Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang digunakan untuk pengembangan kompetensi guru  dan kepala sekolah yang induknya berasal dari dapodik.  Platform tersebut    menjembatani guru dalam pemahaman tentang merdeka belajar  yang diinisiasi oleh kemendikbud ristek Nadiem Makarim. 

Banyak aktifitas yang ada di platform merdeka mengajar berupa pelatihan-pelatihan virtual, komunitas belajar,  terdapat materi ajar, pemahaman kurikulum dan sebagainya. 

Dalam hal ini guru dituntut melek IT. Untuk selanjutnya fitur terus dikembangakan, Kemendikbud Ristek Bersama BKN melakukan integrasi PMM dan E Kinerja BKN, dengan demikian guru dan kepala sekolah hanya cukup melakukan pengalaman di E kinerja di PMM. E kinerja merupakan aplikasi yang berbasis website yang digunakan untuk pengukuran kinerja pegawai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun