Mohon tunggu...
Aiman Witjaksono
Aiman Witjaksono Mohon Tunggu... Wartawan TV

So Called Journalist

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Siap-siap "Presiden 3 Periode"?

5 Desember 2019   15:56 Diperbarui: 5 Desember 2019   16:25 94 2 0 Mohon Tunggu...

"Wacana masa jabatan tiga periode untuk presiden bukan dari MPR.

Karena ini adalah aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat.

Kami enggak punya hak membunuh aspirasi tersebut," ujar Bambang Soesatyo di DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).

Apa yang disampaikan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo terkesan ringan. Tapi banyak yang tak menyadari, mengandung konsekuensi besar pada sistem pemerintahan di negeri ini.

Pro-kontra langsung mencuat. Siapa yang mengusulkan pertama kali, abu - abu...
Tapi itu tak sepenting substansi yang dikandung!

Saat ditanya, siapa yang pertama melempar isu ini. Wakil Ketua MPR fraksi PPP, Arsul Sani mengomentari tak seberapa jelas. Ia mengatakan mendengar usulan ini pertama kali dari Partai Nasdem.

"Tentu ini harus ditanyakan kepada yang melayangkan ini, kan bukan saya yang melayangkan. Ini ada yang menyampaikan seperti ini, kalau tidak salah mulai dari anggota DPR dari Fraksi NasDem..." kata Arsul di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Saya mencoba mengonfirmasi ke Partai Nasdem. Ketua DPP Partai Nasdem Zulfan Lindan, tak menampik bahwa partainya mendukung usulan tersebut. Meski keberatan jika dikatakan sebagai pengusul pertama kali.

"Kenapa tidak (Presiden 3 Periode), kita punya pak Jokowi yang dinilai berhasil!' ungkap Zulfan kepada saya saat wawancara di program AIMAN yang tayang setiap senin pukul 20.00 wib.

"3 PERIODE & 3 ANCAMAN"
Apa yang menghawatirkan jika tidak mau berlebihan mengatakan berbahaya dari sini?

Barangkali banyak yang tidak menyadari. Bahwa utak - atik masa jabatan Presiden ini tidak berdiri sendiri dalam satu periode waktu. Mari kita perhatikan. Pertama isu ini mencuat. Penambahan masa jabatan 1 periode lagi, bagi Presiden menjadi total 3 periode, siapapun nantinya yang terpilih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x