Mohon tunggu...
Aidhil Pratama
Aidhil Pratama Mohon Tunggu... ASN | Narablog

Minat pada Humaniora, Kebijakan Publik, Digital Marketing dan AI. Domisili Makassar.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Sejarah Target 10.000 Langkah yang Lahir dari Iklan Pedometer

24 Agustus 2025   05:00 Diperbarui: 23 Agustus 2025   23:19 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi berjalan kaki. (Shutterstock/Gorgev via Kompas.com)

Banyak orang percaya jalan kaki itu wajib. Targetnya 10.000 langkah setiap hari.

Angka ini menjadi standar emas kesehatan. Slogan kebugaran sering menggaungkannya di media.

Katanya, ini cara untuk hidup sehat. Cara ini bisa membuat umur panjang.

Tapi pernahkah kita bertanya asal usulnya? Dari mana angka keramat itu datang?

Jawabannya bisa mengejutkan banyak orang. Angka ini bukan dari penelitian medis. Ia lahir dari sebuah kebutuhan komersial.

Akar targetnya adalah strategi marketing cerdas. Ceritanya dimulai di Jepang tahun 1964.

Saat itu Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade. Perusahaan jam Yamasa Clock melihat peluang.

Mereka ingin memanfaatkan momen penting ini. Mereka meluncurkan sebuah alat baru inovatif.

Alat itu adalah pedometer penghitung langkah. Produknya diberi nama Manpo-Kei (Liputan6).

Dalam bahasa Jepang, Man berarti 10.000. Lalu Po memiliki arti sebuah langkah. Kemudian Kei berarti alat pengukur. Jadi Manpo-Kei adalah pengukur 10.000 langkah.

Perusahaan Yamasa memilih angka 10.000. Angka itu bukan hasil riset ilmiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun