Banyak orang percaya jalan kaki itu wajib. Targetnya 10.000 langkah setiap hari.
Angka ini menjadi standar emas kesehatan. Slogan kebugaran sering menggaungkannya di media.
Katanya, ini cara untuk hidup sehat. Cara ini bisa membuat umur panjang.
Tapi pernahkah kita bertanya asal usulnya? Dari mana angka keramat itu datang?
Jawabannya bisa mengejutkan banyak orang. Angka ini bukan dari penelitian medis. Ia lahir dari sebuah kebutuhan komersial.
Akar targetnya adalah strategi marketing cerdas. Ceritanya dimulai di Jepang tahun 1964.
Saat itu Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade. Perusahaan jam Yamasa Clock melihat peluang.
Mereka ingin memanfaatkan momen penting ini. Mereka meluncurkan sebuah alat baru inovatif.
Alat itu adalah pedometer penghitung langkah. Produknya diberi nama Manpo-Kei (Liputan6).
Dalam bahasa Jepang, Man berarti 10.000. Lalu Po memiliki arti sebuah langkah. Kemudian Kei berarti alat pengukur. Jadi Manpo-Kei adalah pengukur 10.000 langkah.
Perusahaan Yamasa memilih angka 10.000. Angka itu bukan hasil riset ilmiah.