Mohon tunggu...
ahmal hanif
ahmal hanif Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa s1 peternakan undip

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Solusi Atasi Bau Kandang

13 Februari 2020   17:33 Diperbarui: 13 Februari 2020   17:34 89 0 0 Mohon Tunggu...

Suruh, Kab Semarang  (12/1). Mahasiswa KKN melakukan kegiatan penyuluhan sanitasi kandang dan pelatihan pembuatan cairan penghilang bau kandang. Kegiatan ini dilakukan di RT 06 Dusun Krajan. Peserta adalah bapak-bapak dan ibu-ibu peternak di desa purworejo.

Kegiatan ini diawali dengan melakukan sosialisasi sanitasi kandang dan pembuatan cairan pengurang bau kandang. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan sanitasi dan pembutan cairan pengurang bau kandang.

Peternak melakukan praktek sanitasi dan penyemprotan cairan pengurang bau yang di dampingi oleh mahasiswa KKN Undip dengan penanggung jawab Ahmal Hanif (mahasiswa S1 Peternakan). Peternak membersihkan kandang mulai dari ternak kandang sampai lingkungan kandang secara benar kemudian menyemprotkan cairan pengurang bau kandang keseluruh bagian kandang. Pembuatan cairan pengurang bau kandang dibuat dengan campuran EM4, molases dan ait tanah. Pelaksanaan dilakukan setiap minghu sekali. 

keuntungan kandang yang bersih dan tidak berbau adalah mencegah penyakitdapat berkembang, meningkatkan nafsu makan ternak, meningkatkan produktifitas ternak dan mengurangi biaya untuk obat ternak, mengurangii  polusi udara dan tidak menggangu masyarakat sekitar

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x