Mohon tunggu...
Ahmad Ucup
Ahmad Ucup Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hidup senang walaupun gak punya ayang

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Menyelami Makna Album "Manusia"

5 November 2022   16:55 Diperbarui: 5 November 2022   17:02 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Vokalis kondang, Tulus, telah merilis album terbarunya bertajuk “Manusia” Album kelimanya ini digarap dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun, yang tanggal rilisnya betepatan pada perayaan 10 tahun Tulus berkarya di industri musik

Penyanyi kelahiran Bukittinggi ini merilis album tersebut pada tanggal 3 Maret 2022, dimana album tersebut terdapat 10 buah lagu di dalamnya. Tulus mengatakan album ini menceritakan tentang ragam dinamika rasa yang dialami oleh manusia, yang perilisan awalnya diawali oleh lagu berjudul “Tujuh Belas” yang menceritakan tentang masa awal manusia beranjak menuju kedewasaan.

Tulus mengungkapkan bahwa album tersebut terinspirasi dari berbagai cerita yang ia alami dan juga interaksi dirinya dengan orang lain. Penulisan lirik lagu berbahasa Indonesia dengan kosa kata unik dan serta pemilihan diksi yang tepat membuat album ini mempunyai daya tariknya sendiri. Hal ini juga diakui oleh Tulus sendiri, bahwasanya album kali ini memiliki corak warna dan selera musikalitas seorang Tulus.

Salah satu perkembangan yang terasa pada aransemen lagunya kali ini adalah lagu bertajuk “Hati-Hati Di Jalan” yang telah menghadirkan instumental musik dan permainan diksi yang belum terdengar di karya-karya sebelumnya “Warna baru ini akan banyak teman teman temukan. Ketika berjalan dengan lagu lagu album ini. Banyak alat alat musik yang sebelumnya belum pernah terdengar di album ini ada” ujarnya.

Dalam pembuatanya, Tulus menggandeng sejumlah musisi ternama dalam produksi album terbarunya. Sebut saja Petra Sihombing, Ari Renaldi, dere, hingga composer ternama seperti Erwin Gutawa. Selain itu, album ini juga melibatkan unsur paduan suara hingga orkestrasi besar. 

Dalam sebuah sesi konferensi pers, Tulus juga menyampaikan sejumlah kata dan pesan kepada para penggemarnya yang dikenal dengan sebutan “Teman Tulus” Ia berharap semoga 10 lagu di album Manusia ini, bisa menjadi teman bagi keseharian para penggemarnya.

Tak butuh waktju lama lagu lagu dari manusia  lansung menjadi primadona dikalangan pecinta music. Sebut saja lagu ‘hati hati dijalan’ yang mencuru hati pendengarnya selain itu, ada 3 lagu diri yang tak kalah diminati bahkan lagu satu ini bumming di media sosial dan ramai didengarkan di platfom streaming spotify.

Viralnya album manusia juga di ikuti oleh tingginya antusiasme para penggemar. Seperti yang dilansir oleh sejumlah media ternama seperti youtube dan spotify lagu hati hati di jalan menepati trending nomer 1 selama 3 bulan berturut-turut yang mana menjadi rekor terbaru seorang musisi tulus

Masyarakat beranggapan bahwa seluruh lagu dalam labum tersebut memiliki keterkaitan khusus pada para pendenggarnya, terutama para milenial. Mereka bernaggapan bahwa lagu yang dibawakan tulus memiliki makna yang mewakili perasaan mereka saat ini. 

Sebagai contoh, lagu hati hati dijalan mengambarkan alur percintaan kaum milenial yang kandas di tengah jalan setelah melaui hubungan mesra tanpa status “sumpah lagu ini beneran bikin galau sih ingetin hubungan aku sama mantan gebetan yang sudah kelamaan TTM an yang kandas di bulan ke 2” kata salah satu narasumber yang kami wawancarai.

Sayangya di balik tingginya animo masyarakat yang tinggi juga di sergtai oleh harga tiket konser yang mahal untuk sejumlah penggemarnya terutama kalangan pelajar dan mahasiswa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun