Mohon tunggu...
Ahmad Rizki Kurniawan
Ahmad Rizki Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berusaha menjadi sebaik mungkin

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Aplikasi PeduliLindungi untuk Memudahkan Mobilitas

29 Oktober 2021   03:00 Diperbarui: 29 Oktober 2021   03:02 139 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Abstrak

Pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh dunia, termasuk salah satunya Indonesia, mengakibatkan banyaknya kelumpuhan diberbagai sektor. Salah satu sektor yang ikut terimbas adalah kesulitan dalam mobilisasi bagi masyarakat, dimana terdapat pembatasan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas diluar rumah. Tujuan dari artikel ini adalah membahas mengenai aplikasi PeduliLindungi yang dibuat oleh pemerintah sebagai jawaban atas kesulitan bagi masyarakat dalam menggunakan fasilitas umum terutama pada moda transportasi, mall, dan lain sebagianya.

Kata Kunci: Pandemi COVID-19, Aplikasi PeduliLindungi, Mobilitas Sosial

Latar Belakang Masalah

Berbagai program sosial lahir akibat dari Pandemi COVID-19 yang berdampak terhadap sektor pembangunan, baik dari segi sektor pembangunan fisik, maupun terhadap sektor pembangunan sosial. Program-program yang lahir tersebut, ada yang dari berasal kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah, ada juga dari inisiatif lembaga swayada masyarakat, organisasi yang dihimpun oleh masyarakat, ataupun dari program komunitas yang didirikan oleh masyarakat. 

Program tersebut hadir sebagai jawaban atas keberlangsungan pandemi yang melanda masyarakat, sehingga tujuan utama dari adanya program-program tersebut tidak jauh adalah untuk membantu atau meringankan masyarakat dalam menghadapi sulitnya masa pandemi.

Permasalahan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 salah satunya adalah kesulitan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas diluar rumah. Hal ini khususnya nampak terutama dalam melakukan mobilitas atau bepergian seperti untuk menaiki transportasi umum baik transportasi darat, laut, maupun udara seperti kereta, kapal laut, maupaun pesawat. 

Hal ini menjadi sebuah permasalahan dikarenakan kondisi kerumunan yang dapat tercipta pada saat orang-orang menaiki moda transportasi tersebut, dan tidak diketahui apakah dari kerumunan tersebut ada yang memiliki status positif terhadap COVID-19 atau tidak. Kebanyakan orang untuk menghindari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, namun hal tersebut tentunya tidak dimiliki oleh semua orang.

Berdasarkan rumusan permasalahan tersebut, pemerintah membuat sebuah aplikasi bernama "PEDULILINDUNGI". Tujuan utama dari aplikasi tersebut tidak lain adalah untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan moda transportasi ataupuan fasilitas umum lainnya. Aplikasi tersebut dapat dengan mudah diunduh oleh semua masyarakat yang memiliki ponsel pintar. Pembahasan mengenai aplikasi tersebut dijelaskan dalam pembahasan subbab berikut.

Solusi yang Diberikan oleh Program

Berdasarkan website resmi dari aplikasi PeduliLindungi, dijelaskan bahwa PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan. Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan