Mohon tunggu...
Ahmad Qomaruddin
Ahmad Qomaruddin Mohon Tunggu... pembaca buku dan pengagum wanita cantik

*Dzikir,Fikir,Amal sholeh *Tukang panggul buku *Penulis amatiran *Sedang fokus di dunia pergerakan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Persebaya Vs Persija, Duel Klasik Klub Sepak Bola Indonesia Lintas Zaman

24 Agustus 2019   10:33 Diperbarui: 24 Agustus 2019   10:35 0 0 0 Mohon Tunggu...
Persebaya Vs Persija, Duel Klasik Klub Sepak Bola Indonesia Lintas Zaman
bola.emadura.com

Sabtu,24/08/19 pukul 15:30 WIB akan tersaji duel super big match Shoppe Liga 1 yang mempertemukan "Bajol Ijo" Persebaya Surabaya melawan "macan kemayoran" Persija Jakarta. Dua klub sepak bola ini sudah malang-melintang di kancah persepakbolaan Indonesia lintas zaman.

Sejarah mencatat bahwa dari lima klub sepak bola tertua di Indonesia, dua diantaranya adalah Persebaya (lahir tahun 1927) dan setahun berselang (1928) merupakan hari lahirnya Persija. 

Urutan tiga lainya dari bawah yaitu Persis Solo (1923), PPSM Sakti Magelang (1919) dan PSM Makasar (1915). Mengingat catatan sejarah diatas, predikat super big match layak disematkan ketiga dua klub yang lahir pra kemerdekaan ini bertanding.

Raihan piala bergengsi

Dari catatan sejarah, kedua tim ini juga sama-sama punya prestasi mentereng di jagad persepakbolaan nasional. Klub yang saat ini dilatih Bejo Sugiantoro mengoleksi total 8 gelar juara dan menempati posisi kedua kolektor piala liga Indonesia hingga saat ini, sementara musuh bebuyutannya Persija Jakarta mengoleksi 11 gelar juara dan menempati peringkat satu, selisih 3 piala dari yang diraih Bajol ijo

Catatan perolehan trophy diatas menjadi bumbu penyedap salah satu Derbi klasik klub paling tua di jagad persepakbolaan kita.

Memiliki basis suporter terbesar

Pecinta sepak bola Indonesia sudah pasti tau Bonek Mania dan Jack Mania merupakan dua basis suporter terbesar di Indonesia. Keduanya punya catatan "suporter fanatik" yang kaya akan kreasi-kreasi saat mendukung masing-masing tim kesayangan. 

Bonek "Bondo nekat" punya massa suporter yang tidak hanya di wilayah Surabaya melainkan di berbagai macam kota di seluruh Indonesia, sama halnya dengan The Jack Mania. 

Mengingat macan Kemayoran adalah tim kebanggaan Ibu kota Indonesia, maka wajar saja suporter mereka juga membludak dari pelosok-pelosok daerah.

Memiliki Basis suporter fanatik yang sama-sama besar inilah menjadikan super big match ini patut di tunggu-tunggu seluruh pecinta sepak bola Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x