Mohon tunggu...
Ahmad Malik
Ahmad Malik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Penulis pemula

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kesulitan Menghitung, Kemungkinan Mengalami Diskalkulia?

29 November 2022   23:46 Diperbarui: 29 November 2022   23:51 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apakah kalian pernah menjumpai teman-teman kalian dari sma, smp, banhkan sd yang mengatakan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, tidak pandai dalam menghitung, Hal itu perlu diwaspadai karena kemungkinan kita atau teman2 kita mengalami yang namanya diskalkulia.

Diskalkulia merupakan gangguan belajar yang ditandai dengan kurangnya kemampuan untuk memecahkan masalah matematika, dan kesulitan dengan angka secara umum, seperti nilai, waktu, penjumlahan dasar, menghafal tanggal, dan semacamnya. Diskalkulia bisa disebabkan karena faktor genetika, kelahiran prematur, serta konsumsi obat-obatan dan alkohol saat hamil.

Dalam hal ini, penderita diskalkulia bisa berlatih hitung-hitungan dasar dan juga melaksanakan terapi khusus agar gejala bisa perlahan menurun. Pembentukan rasa percaya diri juga tidak kalah pentingnya agar anak yang mengalami diskalkulia tidak merasa terkucilkan dan akan  memperparah keadaannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun