Mohon tunggu...
Ahmad Izzuddin
Ahmad Izzuddin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Brawijaya

Penulis Artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Upaya Mengurangi Pengangguran Melalui Aplikasi Jobstreet

3 Desember 2021   12:02 Diperbarui: 3 Desember 2021   12:20 90 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak: Penelitian menunjukkan penyebaran informasi lowongan pekerjaan melalui media online merupakan langkah paling efektif untuk mengurangi tingkat pengangguran di era saat ini. 

Tingginya pengangguran yang disebabkan kurangnya informasi ini dapat ditanggulangi dengan cara menggunakan aplikasi jobstreet. Jobstreet berfungsi sebagai media untuk mencari informasi tentang lowongan pekerjaan secara daring. Aplikasi ini bisa mengurangi tingginya tingkat pengangguran. 

Kata kunci: aplikasi jobstreet, pengangguran, informasi lowongan pekerjaan

Tingkat pengangguran saat ini kian meningkat. Faktor yang mempengaruhi peningkatan pengangguran adalah kurang terpenuhinya informasi lowongan pekerjaan yang tersedia. 

Para pencari kerja cenderung sering melamar pekerjaan ditempat yang belum diketahui sedang membuka lowongan pekerjaan ataupun tidak. 

Mereka lebih suka untuk melamar ke banyak perusahaan tanpa mencari informasi secara detail tiap perusahaan yang akan mereka lamar terlebih dahulu.

Kurangnya informasi ini dapat menurunkan persentase para pencari kerja diterima oleh perusahaan yang mereka lamar. Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya informasi kriteria yang harus dipenuhi oleh para pelamar kerja. Para pencari kerja yang tidak memenuhi kriteria akan kehilangan kesempatan mereka untuk diterima.

Purnamasari (2017), Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa angka pengangguran mengalami peningkatan terutama pada lulusan Perguruan Tinggi. Data yang diperoleh dari Februari 2014 sampai Februari 2016, ada tren pengangguran lulusan Universitas terus melambung naik. 

Bulan Februari 2014 pengangguran di tingkat Universitas berada pada 6,80 persen dan terus naik hingga 9,90 persen pada Februari 2016. Bulan Agustus 2016 terjadi penurunan menjadi 8,10 persen dan naik lagi di bulan Februari 2017 menjadi 8,70 persen. 

Wakil Bupati Tangerang H. Mad Romli mengatakan, salah satu permasalahan kawasan industri di daerahnya adalah ketidakseimbangan antara jumlah lapangan kerja yang tersedia dengan jumlah penempatan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini adalah kurangnya informasi antara perusahaan pengguna dengan pencari kerja. Pengangguran karena kurangnya informasi termasuk salah satu "pengangguran friksional".

Pemerintah sudah berupaya untuk membuat program yang membantu untuk memudahkan pencarian informasi lamaran pekerjaan. Salah satu program tersebut adalah badan tenaga kerja pemerintah. Program ini memberikan informasi seputar lowongan pekerjaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan