Mohon tunggu...
Ahmad Habibi
Ahmad Habibi Mohon Tunggu... Pribadi

Saya seorang mahasiswa semester 7 di STIBA Ar-Raayah Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Mengenal Ekspresi dalam Berkomunikasi

8 Desember 2020   20:33 Diperbarui: 8 Desember 2020   20:39 84 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Ekspresi dalam Berkomunikasi
podparadise.com

Ekspesi akan muncul jika kita menjiwai dan memahami apa yang kita lakukan dan ucapkan, serta ekspresi akan terlihat bukan karna kita mempelajarinya, tapi karna kita memahaminya. Melaui ekspresi, kita dapat menambah cita rasa dalam menjalani hidup ini, karna hidup adalah interaksi yang membutuhkan komunikasi verbal dan non verbal.

Setiap orang yang berinteraksi dan menyampaikan tujuannya disadari ataupun tidak, pasti disertai dengan ekspresi. Ekspresi sendiri merupakan pengungkapan atau proses menyatakan maksud, gagasan, prasaan, dan sebagainya (KBBI).

Dalam berkomunikasi pasti tidak lepas kaitannya dengan bahasa karna bahasa sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia yang syarat akan komunikasi dan interaksi sesama, karna bahasa adalah bunyi yang diungkapkan oleh setiap kaum untuk menyatakan tujuannya  (Ibnu Jinni, 391 H). Terlepas dari banyaknya bahasa yang ada di dunia ini.

Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari pembicara kepada lawan bicara. Tujuan utama sebuah komunikasi adalah agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh lawan bicara. Apabila pesan tersebut tidak dapat dipahami secara verbal maka komunikasi non verbal dapat menjadi alternatifnya.

Komunikasi non verbal merupakan bentuk komunikasi yang disampaikan melalui ekspresi, gerak tubuh, simbol-simbol, dan lain sebagainya. Komunikasi non verbal bersifat mutlak artinya setiap komunikasi yang dilakukan dalam bentuk verbal selalu terkait dengan komunikasi non verbal.

Ekspresi seringkali dikaitkan dengan emosional seseorang, padahal jika dilihat lebih dalam, ekspresi juga terkait dengan gerakan tubuh yang biasa disebut dengan bahasa tubuh. Adapun Bahasa tubuh yaitu merupakan suatu proses pertukaran gagasan, pikiran, ide yang penyampaiannya melalui gerakan tubuh, kontak mata, ekspresi wajah, dan gerakan tubuh lainnya.

Jika kita mengenal dan bisa membaca ekspresi seseorang saat bekomunikasi, maka hal tersebut merupakan keuntungan tersendiri karna banyak sekali manfaat yang didapatkan. Menurut Qori dalam tulisannya yang berjudul "8 Fungsi Ekspresi dalam Komunikasi" ada 8 manfaat ekspresi dalam berkomunikasi yaitu:

Pertama, mengetahui kepribadian seseorang. Hal ini berhubungan dengan edukasi emosional dalam diri seseorang.

Kedua, mengukur emosional seseorang. Ekspresi tidak hanya dilihat dari raut wajah tetapi ekspresi dapat dilihat melalui gestur tubuh. Apabila seseorang dalam kondisi sedih akan terlihat dari ekspresi wajah yang murung dan gestur tubuh yang lemas. Sedangkan orang yang gembira cenderung terlihat semangat dengan gestur tubuh yang segar dan licah serta ekspresi wajah yang ceria menampilkan sebuah senyuman.

Ketiga, menghindari kesalahpahaman. Kesalahpahaman sering muncul dalam komunikasi. Ekspresi berfungsi untuk menghindari kesalahpahaman. Ketika seseorang tidak dapat memahami komunikasi verbal maka komunikasi non verbal seperti ekspresi mampu memberikan komunikasi yang lebih mudah dimengerti, sehingga ekspresi dapat meminimalisir kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Keempat, menyakinkan seseorang. Ekspresi melalui raut wajah sebagai alat untuk meyakinkan seseorang. Seseorang dapat berbohong melalui komunikasi verbal tetapi melalui ekspresi seseorang akan sulit menutupi kebohongannya. Seseorang yang berbohong akan merasa gugup ketika menatap lawan bicaranya dan menunjukkan ekspresi wajah kebohongan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN