Mohon tunggu...
Ahmad Fatch
Ahmad Fatch Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Belajar, merupakan kegiatan setiap manusia yang dimulai dari sejak lahir sampai meninggal, sedangkan Berbagi Ilmu, merupakan bagian dari memerangi ketidak pahaman agar orang lain menjadi paham

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Hobi Menanam Membuat Penghijauan Sangat Bermanfaat

17 September 2022   12:54 Diperbarui: 17 September 2022   13:09 146 23 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera buat kita semua. 

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah hari ini saya masih diberikan kesempatan untuk menulis di kompasiana.com mudah-mudahan apa yang saya tulis hari ini bisa bermanfaat untuk diri saya pribadi khususnya, dan umumnya untuk para pembaca semuanya. 

Setelah buka HP dan melihat WA grup tantangan Om Jay, hari ini dikejutkan dengan tantangan baru dari Om Jay untuk menulis tentang tanaman cabe yang sudah merah di pekarangan yang kosong, yang digambarkan dan jepret oleh Om Jay sendiri. 

Untuk itu hari ini tulisan saya diberi judul hobi menanam membuat penghijauan sangat bermanfaat.

Gbr dari WA grup Omjay/Dok. pribadi
Gbr dari WA grup Omjay/Dok. pribadi
Entah ini Kebetulan atau memang sudah takdir ternyata hobi saya dengan hobi Omjay sedikit ada kemiripan, ya itu sama-sama hobi menanam salah satunya menanam cabe. 

Kalau tadi dilihat hasil jepretan Om Jay ada singkong dan lain-lain sedangkan di tempat saya ada tanaman tomat, ada tanaman Betadine, ada pandan, ada pucuk merah, ada jeruk, ada juga tanaman kuping gajah. 

Ini semua bukan sekedar kebetulan sepertinya, tetapi memang sudah takdirnya, bahwa setiap orang sebetulnya menyukai hal yang hampir mirip, ada orang yang suka menanam tanaman hias ada juga seperti saya suka menanam tanaman yang dibutuhkan untuk sekedar menunjukkan ke anak-anak hasil dari bertani berkebun itu lama hasilnya. 

Agar menjadi pelajaran bagi anak-anak, bahwa ketika ada cabe di dapur, ada tomat di dapur, itu tidak serta-merta buah cabe dan buah tomat itu langsung ada, tetapi butuh proses agar menjadi cabe merah, agar menjadi tomat merah, itu butuh proses sehingga melatih anak-anak untuk bersabar dan menghargai buah-buahan dan sayur-sayuran. 

Jika anak sudah mampu menghargai buah-buahan, sayur-sayuran, dan mengetahui prosesnya. Berapa lama sayur-sayuran, buah-buahan akan berbuah. Berapa lama sayuran bisa dipetik maka dengan sendirinya Insya Allah anak-anak tidak akan gampang membuang buah-buahan, atau sayur-sayuran tersebut. 

Hobi menanam juga merupakan salah satu kiat mendukung dan mengurangi polusi udara, karena dengan hobi tersebut akan menciptakan penghijauan, kerindangan, dengan demikian menurut pelajaran IPA bahwa pohon-pohonan dapat menghasilkan oksigen.

Oleh karena itu bagi pencinta hobi tanam nanam, artinya beliau-beliau ini menambah produksi oksigen di sekitar rumah kita, sehingga terasa lingkungan kita lebih adem, lebih tertata, dan lebih kelihatan hijau, enak dipandang mata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan