Mohon tunggu...
Ahmad Fajrudin
Ahmad Fajrudin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan IPS 2018

KKN TEMATIK UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Meningkatkan Literasi dengan Halaman Sains dan Quizizz

26 September 2021   18:00 Diperbarui: 27 September 2021   15:30 489 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sudah hampir dua tahun pandemi covid-19 ini berlangsung. kita tentu melewati masa-masa yang sulit menhadapi keadaan ini. sehubungan dengan itu, pembelajaran di sekolah-pun harus dipindahkan menjadi pembelajaran daring untuk menghindari terjadinya penularan covid-19 yang lebih lanjut. Pembelajaran yang dilakukan secara daring menuai berbagai respons, baik dari siswa, guru, dan masyarakat baik itu respons positif maupun negatif. bagaimanapun juga, kita harus bisa beradaptasi dengan keadaan pandemi ini. salah satu contoh adaptasi tersebut adalah optimalisasi penggunaan teknologi untuk kepentingan pembelajaran.  selain penggunaan teknologi untuk kepentingan pembelajaran, kita juga bisa menggunakan teknologi untuk mendukung kegiatan literasi, baik itu literasi sains, numerasi, dan baca tulis. 

Jika kita melihat survey Programe fot International Student Assesment (PISA) 2018 yang mengukur kinerja siswa pendidikan menengah mengenai kegiatan literasi baca dan tulis, numerasi, dan sains, kita bisa melihat bahwa tingkat literasi anak-anak Indonesia (berusia 15 tahun) menempati posisi ke-74 dari 79 negara yang disurvey. hal tersebut menunjukan bahwa literasi anak Indonesia masih sangat kurang. oleh karena itu, kita sebagai calon guru, masyarakat, guru, dan semua lembaga pendidikan harus berkolaborai untuk mendukung majunya literasi ini. 

Untuk meningkatkan minat literasi, baik itu literasi sains, numerasi, dan baca dan tulis di keadaan pandemi saat ini dan perkembangan teknologi, banyak hal yang dapat dilakukan. salah satunya adalah penggunaan halaman sains dan Quizizz. Halaman sains merupakan sebuah web page yang memiliki konten bacaan mengenai sains dan numerasi dimana terdapat beberapa gambar untuk membantu mengilustrasikan bacaan. Setelah pembaca membaca halaman sains ini, pembaca bisa mengikuti kuis di quizizz sehingga mereka bisa melihat pemahaman mereka sendiri dari hasil dari bacaan mereka. salah satu contoh science page bisa kalian lihat disini. untuk contoh quizizz kalian bisa tap/klik disini

Adapun langkah-langkah membuat science page ini yakni, pertama anda bisa membeli domain dan menyewa hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda. setelah domain aktif dan telah menyewa hosting, anda bisa membuat page tersebut dan bisa diakses oleh publik. untuk membuat page yang anda inginkan, anda bisa melakukan coding atau menggunakan wordpress dengan add on elementor sebagai page builder. adapun langkah-langkah untuk membuat quizizz yakni, pertama anda bisa mendaftar di quizizz. setelah terdaftar, anda bisa membuat kuis sesuai kebutuhan anda. 

Penggunaan halaman sains dengan bahan bacaan yang menarik, menurut saya, merupakan salah satu upaya yang cocok dan sesuai dengan pelajar, terutama generasi milenial dimana mereka tak lepas dengan internet. pelajar merupakan para calon penerus bangsa yang akan menggantikan kita kelak. oleh karena itu, mari tingkatkan  dan tumbuhkan minat literasi pelajar Indonesia sehingga demi Indonesia yang lebih maju.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan