Mohon tunggu...
Ahmad Deliya Ferdiansyah
Ahmad Deliya Ferdiansyah Mohon Tunggu... Security - Laki laki

Bismillah..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Resume Webinar Orientasi Kampus dan PKKMB STIAMAK 2020

25 Oktober 2020   09:28 Diperbarui: 25 Oktober 2020   09:34 676
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: stiamak.ac.id

"Mengenal Dekat Kampus STIAMAK"

Materi I

Narasumber pertama, yaitu bapak Drs. Andito Sutarto, MM sebagai ketua Yayasan Barunawati Biru Surabaya (YBBS). YBBS merupakan sebuah Yayasan yang bergerak di bidang Pendidikan, hadir dan bersinergi dengan Pemerintah dalam menyiapkan Generasi muda dengan komitmen, berkarakter-kompeten-mandiri.

  • VISI & MISI

  • VISI
  • "Menjadikan Lembaga Pendidikan Berstandar Global dengan Lulusan Berkarakter dan Berkualitas"
  • MISI
  • Mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar ternyaman
  • Memperkuat eksitensi sekolah ditingkat International
  • Mewujudkan sekolah yang produktif
  • Merintis dan mengembangkan kegiatan usaha

Materi II

  • ADMINISTRASI VS MANAJEMEN UNTUK ORGANISASI BISNIS (HODGKINSON, 1978, 4)
  • ADMINISTRASI
  • Seni
  • Kebijakan
  • Nilai
  • Gelombang Atas
  • Strategi
  • Kualitatif Manusia Umum

  • MANAJEMEN
  • Ilmu
  • Eksekusi
  • Fakta
  • Gelombang rendah
  • Taktik
  • Kuantitatif
  • Bahan khususbooks
  • Administration Tricker (2015)
  • Governance
  • Mekanisme atau pengelolahan sumber daya ekonomi, sosial yang melibatkan pengaruh dalam sektor negara dan sektor non-pemerintah dalam suatu kegiatan yang kolektif. 
  • Management : Orang yang memerintah atau mengatur sumber daya serta memrcahkan masalah.
  • About        : Mengawasi pengelolahan bisnis yang dijalankan secara benar.
  • Properly         : Pengawasan dalam teori ke agenan untuk menjalankan organisasi perusahaan yang menimbulkan konflik kepentingan. Kepentingan Agen sendiri juga perlu diawasi oleh dewan komisaris yang ditunjuk oleh pemilik perusahaan untuk mewakili kepentingan bisnis itu sendiri
  • Business Adminstration 
  • Adminstrasion Business dapat disebut sebagai asuransi yang mengembangkan asosiasi dan proses pengelolahan perusahaan.
  • Pemasaran adalah Proses menciptakan komunikasi, penyampaian, dan mempertukarkan penawaran yang bernilai bagi klien. Fungsi bisnis sendiri untuk mengatur keuangan, produksi, dan SDM ( Sumber Daya Manusia ). 
  • Manajemen
  • Manajemen yaitu proses planning, pemasaran, keuangan dan manajemen.

MATERI III

  • INDUSTRI 4.0
  • Otomatisasi dibantu robot
  • Internet untuk mencapai segala hal.
  • Printer
  • Dimensi
  • Data adalah segala hal paling penting

  • KECENDERUNGAN AKTIVITAS EKONOMI
  • Sharing economy
  • Contoh : Gojek, dan Grab
  • E- Education
  • E- Government
  • Cloud Collaborative
  • Market Place
  • Contoh : Shopee, Buka Lapak, dan Toko Pedia
  • Online Health Service

 MATERI IV

  • PELABUHAN (PORT)
  • Pengertian pelabuhan menurut UU No. 17 tahun 2006 tentang pelayaran menyatakan bahwa pelabuhan adalah tempat yang terdiri dari atas daratan atau perairan dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintah dan kegiataan pengusahaan yang dpergunakan sebagai tempat kapal bersandar, naikturun penumpang, dan bongkar muat barang yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan, keamanan pelayaran, dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan antarmoda transportasi.
  • Kepelabuhanan
  • pengertian kepelabuhanan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi pelabuhan untuk menunjang kelancaran, keamanan, dan ketertiban arus lalu lintas kapal penumpang atau barang, keselamatan dan keamanan berlayar, tempat perpindahan intra atau antarmoda serta mendorong perkonomian nasional dan daerah dengan tetap memperhatikan tata ruang wilayah.
  • Peran
  • peran pelabuhan sebagai sub system terhadap pelayaran, sehingga pelabuhan menjadi salah satu unsur penentu terhadapaktivitas perdagangan. Pelabuhan dikelola secara efisien akan mendorong kemajuan perdagangan bahkan industry di daerah belakang akan melaju dengan sendirinya. Biaya pelabuhan yang dikelola secara efisien dan professional akan menjadi rendah sehingga bisnis sector lain bertumbuh pesat. Pelabuhan berperan sebagai "focal point" atau tutuk pusat untuk:
  • Perekonomian
  • Perdagangan
  • Berkumpulnya badan usaha
  • Freight forwading (ekspedisi muatan)
  • Pelayaran
  • Keagenan
  • Pergudangan
  • Angkutan darat
  • Fungsi
  • Gateway 
  • Berasal dari kata latin Porta dengan makna sebagai pintu gerbang
  • Link
  • Pelabuhan versi UNCTAD berfungsi sebagai mata rantai yang menjadi penghubung rangkaian transportasi
  • Interface (Antar Muka)
  • Barang muatan yang diangkat via maritime transport, melintasi area pelabuhan dua kali ( Ke-1 Pelabuhan muatan dan Ke-2 Pelabuhan Bongkar)
  • Industrial Entity 
  • Pelabuhan yang diselenggarakan dengan baik akan tumbuh dan menyuburkan bidang usaha lain sehingga area pelabuhan menjadi zona industri.
  • Macam -- macam 
  • Ditinjau dari segi penyelenggaraan
  • Pelabuhan Umum 
  • Diselenggarakan untuk kepentingan pelayanan umum. Penyelenggaraan tersebut dilakukan oleh pemerintah dan dalam pelaksanaannya dapat dilimpahkan kepada BUMN. 4 BUMN yaitu  PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) I -- IV (PP No. 56 -- 59 Tahun 1991) 
  • Pelabuhan Khusus 
  • Diselenggarakan untuk kepentingan sendiri. Pelabuhan ini tidak boleh dipergunakan untuk kepentingan umum kecuali adanya izin dari pemerintah. Contoh : Pelabuhan LNG Arun di Aceh dan Pelabuhan Paiton di Situbondo.
  • Ditinjau dari segi pengusahaan 
  • Pelabuhan yang diushakan 
  • Pelabuhan untuk memberi fasilitas yang diperlukan oleh kapal seperti, kegiatan bongkar muat barang, menaik turunkan penumpang. Pelabuhan tersebut dikenakan biaya jasa labuh, jasa tambat, jasa pemanduan, jasa dermaga, jasa bongkar muat, dll.
  • Pelabuhan yang tidak diusahakan
  • Pelabuhan yang hanya untuk persinggahan kapal tanpa fasilitas. Pelabuhan ini adalah pelabuhan kecil yang disubsidi oleh pemerintah dan dikelola oleh unit pelaksanaan tehnis. Contoh : Pelabuhan Banyuwangi, dan Pelabuhan Tobelo.
  • Fungsi Perdagangan Nasional dan Internasional 
  • Pelabuhan Laut
  • Melayani angkutan laut dan angkutan penyebrangan
  • Pelabuhan Sungai dan Danau 
  • Hierarki Pelabuhan adalah pelabuhan utama, pelabuhan pengumpul, pelabuhan pengumpan regional, dan oengumpan lokal
  • Ditinjau dari segi penggunanya
  • Pelabuhan ikan
  • fasilitas untuk menunjang kegiatan:
  • Pemecah gelombang
  • Kantor pelabuhan
  • Dermaga
  • Tempat pelelangan ikan
  • Tangki air, BBM, pabrik Es, Ruangan pendingin
  • Pelabuhan minyak
  • Diletakkan jauh dari keperluan umum, pelabuhan ini tidak memerlukan dermaga.
  • Pelabuhan barang
  • Pelabuhan ini menjadi perpindahan mode transportasi dari angkutan laut ke angkutan darat dan sebaliknya.
  • Fasilitas pendukung: dermaga, lapangan penumpukan, jalan raya, peralatan bongkar muat.

  • Fasilitas pokok pelabuhan
  • Alur pelayaran
  • Kolam pelabuhan
  • Penahan gelombang
  • Dermaga
  • Fender dan alat penambat

Sumber: stiamak.ac.id
Sumber: stiamak.ac.id
"Optimisme Pendidikan Dan Karier Bisnis Maritim Pasca Covid-19"
  • Narasumber I : Prof. Dr. Ir Suprapto, DEA
  • Menyampaikan kita memasuki era dimana gelar tidak menjamin kompetensi yang mana kululusan tidak menjamin kesiapan berkarya dan akreditas tidak menjamin mutu. Di era sekarang justru yang dicari adalah kompetensi , pengetahuan, keterampilan, dan attitude (sikap kita).
  • Tranformasi digital mengguncang dunia dan membawa pada revolusi indusri ke -4
  • Revolusi industry -1 (abad 18) ditandai dengan penemuan mesin uap yang digunakan untuk proses barang, yang mana peraatan kerja yang awalnya bergantung pada tenaga manusia dan hewan akhirnya digantikan dengan mesin tersebut.
  • Revolusi industry -2 (abad 19) ditandai dengan penemuan tenaga listrik. Tenaga otot yang saat itu sudh tergantikan oleh tenaga mesin uap perlahan mulai tergantikan oleh tenaga mesin listrik.
  • Revolusi industrii -3 (abad 20) ditandai dengan komputasi data. Pada era ini manusia tidak lagi memiliki peranan penting dalam proses produksi. Industry bukan hanya mengandalkan proses dan tenaga namun juga informasi.
  • Revolusi industry -4 (abad 21) ditandai dengan dimana muncuinternet mulai berkembang  dan memiliki kecepatan yang tidak biasa dan dapa diakses siapa saja.

Karakteristik yang harus kita miliki sebagai mahasiswa di era revolusi industry 4.0, yaitu:

  • Flexible
  • Adaptive
  • Self directed
  • Creative
  • Character
  • Complex problem solver

  • Pada era revolusi industry yang dibutuhkan oleh mahasiswa sekarang adalah:
  • Learning skill:
  • Critical thinking
  • Creativity
  • Collaboration
  • Communication
  • Literacy skills
  • Information
  • Media
  • Technologi
  • Life skills
  • Flexibility
  • Leadership
  • Intiative
  • Produtivece

Pada era revulusi industry ini kita sebagai mahasiswa harus berfikir kritis atau framing

  • Framing adalah bagaimana seorang pewarta melaporkan sebuah peristiwa berdasarkan sudut pandangnya ada fakta yang sengaja ditonjolkan, bahkan ada fakta yang dibuang.
  • Narasumber II: Edi priyanto,S. KM, MM. (Direktur SDM PT PELINDO III)
  • Pelindo 3 adalah salah satu BUMN dibidang kepelabuhanan meliputi jasa kapal, jasa barang, dan jas penumpang adapun visi misi pelindo 3 sebagai berikut:

  • VISI
  • Menjadi smart operator pelabuhan berskala besar.
  • MISI
  • Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder.
  • Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa layanan bisnis dipelabuhan melalui digitalisasi dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG).
  • Menciptakan solusi bisnis yang cerdas melalui integrasi dan kerjasama dengan mitra strategis.
  • Bisnis domestic dan internasional.

Pelindo 3 juga memiliki beberapa anak perusahaan, cucu perusahaan, dan afiliasi, yaitu sebagai berikut:

  • ANAK PERUSAHAN
  • PT Terminal Petikemas Surabaya (PT TPS)
  • PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (PT BJTI)
  • PT Pelindo Marine Service (PT PMS)
  • PT Pelindo Daya Sejahtera (PT PDS)
  • PT Terminal Teluk Lamong
  • CUCU PERUSAHAAN
  • PT Berlian Manyar Sejahtera (PT BMS)
  • PT Berkah Industri Mesin Angkat (PT BIMA)
  • PT Pelindo Properti Indonesia (PT PPI)
  • PT Pelindo Energi Logistik (PT PEL)
  • PT Lamong Energi Indonesia

  • AFILIASI
  • PT Portek Indonesia (PORTEK)
  • PT Ambang Barito Nusa Persada (AMBAPERS)
  • PT Terminal Petikemas Indonesia (PT TPI)
  • INOVASI BIDANG KOMERSIL
  • WINDOWS CONNECTIVITY
  • Program kepastian waktu sandar dan ketersediaan tambatan antar pelabuhan dalam rute tertentu pada shipping lines petikemas untuk peningkatan kinerja dan produksi yang mana dapat mempersingkat waktu Turn Round Voyage (TRV) sehlngga membenkan eflsiensi sebesar 28% 33% mtuk pelayaran (contoh kasus pada mle Surabaya-Banjarmasin).
  • SSm dan join inpection
  • PPJK cukup akses satu portal INSW untuk mengajukan perijinan import.
  • Form perizinan lebih simple  dengan tetap mengakordinir kebutuhan data bea cukai dan karantina.
  • Terminal petikemas cukup integrasi dengan INSW untuk mendapatkan notifikasi data dari kementrian dan lembaga
  • Term of payment (TOP)
  • Pemberian kebijakan jangka waktu pembayaran/TOP untuk jasa kapal dan bongkar muat untuk pengguna jas petikemas dan non petikemas selama 30 hari.
  • Pelindo 3 bekerjasama dengan bank (menggunakan proggam SCF), untuk fasilitas TOP 30 hari.
  • Tol laut
  • Memberikan keringanan diskon tariff atas jasa dermaga dan penumpang sebesar 50% dan stevedoring sebesar 85% dan tariff yang berlaku dengan biaya TKBM menjadi beban perusahaan pelaksana bongkar muat.
  • Narasumber 3: Chiefty Adi Kusmargono, S. Psi., Msc ( Direktur utama Pendidikan Maritim Dan Logistik Indonesia/IPC Learning Dan Consulting)

IPC LEARNING DAN CONSULTING memiliki beberapa visi dan misi, yaitu sebagai berikut:

  • VISI
  • Menjadi Pusat Keunggulan dan Mitra Strategis dalam Mengembangkan Bisnis Kepelabuhanan. Maritim dan Logistik di Indonesia dan Asia Pasiflk"
  • MISI
  • Menjadi pilihan utama dan kebanggaan pelanggan. Pekerja,dan para pemangku kepentingan dalam menyediakan orang-orang yang unggul dan membangun kapasitas organisasi untuk pengembangan maritim logistik Indonesia dan Asia Pasifik.

  •  
  • Dalam Dunia kerja kita sebagai generasi milenial harus memperhatiakan beberapa hal, yaitu :
  • IMPROVE YOUR ATTITUDE
  • Perubahan mindset
  • Bekerja cepat dan tepat
  • Mempertajam kecerdasan sosial dan emosional
  • Mepertajam spiritual
  • SIKAP DAN SIFAT JUGA MEMPENGARUHI
  • Humble
  • Kita harus selalu rendah hati dan muda bergaul.
  • Resilience
  • Tahan banting, memiliki daya juang yang tinggi tak pernah putus asa.
  • Keep learning
  • Selalu ingin terus belajar terutama pada para senior maupun junior.
  • Gain Experience
  • Pengelaman adalah guru terbaik bagi kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun