Mohon tunggu...
Ahmad AlWafi
Ahmad AlWafi Mohon Tunggu... pembelajar

hidup untuk bermanfaat dengan sesama

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengenal Hal Menarik dalam Hidup Kita

25 Juli 2019   07:53 Diperbarui: 25 Juli 2019   07:56 149 1 1 Mohon Tunggu...

Usia remaja merupakan usia yang penuh dengan kebimbangan. Ada banyak hal yang menjadi pertentangan dalam diri disaat menentukan pilihan. 

Hal ini merupakan bentuk  wajar melihat dari fase kehidupan manusia berdasarkan tingkatan usia. Kemampuan mengenal diri sendiri sangat diperlukan agar arah tujuan hidup bagi pribadi maupun orang lain lebih terlihat jelas dan mampu membawa maslahat. 

Pada umumnya manusia sangat sulit mengidentifikasi hal hal pribadi dibandingkan segala sesuatu di luar tersebut. Mengoyak sisi kehidupan manusia untuk mengetahui hal yang harus dipahami memerlukan keyakinan juga perjuangan tinggi agar mampu mencapai titik pengetahuan .

Semua manusia dilahirkan dengan bakat dan pembawaan . Antar manusia satu dengan lainnya akan selalu disertai kelebihan sebagai nilai untuk menunjukkan keberadaannya. 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua manusia mempunyai potensi dalam dirinya untuk dipelajari serta dikembangakan . sebagian yang menjadi masalah adalah ketidakmampuan untuk mengenal lebih jauh sebuah potensi sehingga akan semakin memperlambat langkah dalam menetukan tindakan.

Kemampuan individu untuk mengenal potensi sangat diperlukan sebagai bentuk identifikasi agar mampu mengembangkan hal hal positif dalam dirinya. 

Mengetahui kesenangan dalam diri kita merupakan langkah dasar untuk mengenal potensi dasar untuk dikembangkan. 

Kesenangan dalam mengerjakan sebuah aktivitas akan membawa kemudahan dan sarana untuk keluar dari zona rutinitas padat. 

Sebagai contoh dalam mengalih pusat perhatian bagi mereka yang senang dengan budaya literasi akan mencoba untuk menuliskan bait bait puisi dan paragraf tulisan ringan sebagai bentuk visualiasi keadaan yang telah mereka rasa dan pikir . bagi mereka yang gemar menggunakan gawai untuk bermain akan memberi kecenderungan yang lebih dalam memainkan sarana hiburan 

Dari berbagai bentuk kesenangan, manusia sudah seharusnya mampu memilah terhadap kesenangan yang menuju kepada kebaikan dan tidak menjadi kesia siaan belaka. Ada banyak kesenangan yang mengajak kita kearah lebih baik dibandingkan menghabiskan waktu dengan segala keramaian fana. 

Sebagai orang yang sudah menjajaki usia dewasa, tentu pola pikir kita seharusnya jauh lebih maju dibandingkan mereka yang lebih muda.titik dasar manusia agar mampu berpikir adalah mempunyai kesadaran untuk terbiasa dalam berbuat baik Tanpa kesadaran tersebut, sudah jelas akan membawa kita kepada kegamangan dan ketidakjelasan untuk mengembangkan potensi dalam diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN