Mohon tunggu...
Kamara Zaini
Kamara Zaini Mohon Tunggu... Guru - Guru Mata Pelajaran

Mengajar di SMP dengan hobi bermain catur, membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Investasi Mandiri Aset Kurikulum Merdeka

28 September 2022   12:58 Diperbarui: 28 September 2022   13:15 141 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam kurikulum merdeka ada nilai profil kemandirian sebagai aset untuk mendapatkan keuntungan bagi siswa dalam menghadapi abad yang penuh informasi. Informasi begitu cepat dan juga sangat membingungkan bagaimana menerimanya dan memilih dari mana informasi yang dilaksanakan lebih dahulu. 

Saatnya kita sebagai guru dalam kurikulum merdeka menerima dengan memfilternya bukan menjadikan informasi itu sebuah tantangan di abad sekarang.

Kurikulum merdeka fokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi siswa melalui kegiatan proyek untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi profil pelajar Pancasila salah satunya adalah mandiri.

Kurikulum merdeka biasanya disosialisasikan melalui grup-grup MGMP. Kurikulumnya sederhana dan mendalam dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum merdeka melatih kemandirian baik guru maupun siswa. 

Seluruh sekolah di Indonesia sekarang mulai mempersiapkan menyambut datangnya kurikulum merdeka untuk diimplementasikan. Hebat dan kagum kepada guru di Indonesia yang bersifat ikhlas dalam kemandirian untuk menemukan dan menelusuri kurikulum merdeka.  Perjuangan guru yang tanpa pamrih untuk anak bangsa sungguh mengagumkan.

Kemandirian bukanlah investasi rupiah atau investasi dolar, bukan untung-untungan, bukan keajaiban tanpa pelaksanaan. Dalam kurikulum merdeka ada muatan kemandirian yang harus diajarkan kepada siswa. 

Hidup mandiri harus dilatih siswanya untuk belajar sendiri, dialog secara baik dengan teman, berkebun disekolah, keperpustakaan tanpa diperintah oleh guru, selalu membaca buku dan menulis dengan resume yang baik, dan banyak lagi nilai-nilai mandiri yang harus dimunculkan kemandirian yang dimiliki siswa. 

Sungguh kaya nilai potensi yang ada pada setiap diri siswa. Sungguh mulia bagi guru membukakan jalan kebaikan menuju arah kebenaran. Kebenaran yang sejati dari hasil karya sendiri tanpa mengharap modal dari orang lain,dia bekerja sendiri dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

Kurikulum merdeka sebenarnya seperti itu yang diharapkan pemerintah. Selalu terinspirasi karena terbimbing dengan baik oleh guru.  Seandainya negara kita benar-benar mengurangi kemiskinan dan memberantas kebodohan harus diperhatikan nilai kemandirian dari sekarang.

Mandiri termasuk akhlak terpuji (perilaku baik) juga aset kurikulum merdeka dalam mengembangkan minat dan bakat siswa menuju kepada kemakmuran dan kejayaan bangsa sesuai tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan bangsa. Cerdas siswa aset bangsa Indonesia itu ada dalam kurikulum merdeka.

Kemandirian siswa lebih berharga daripada memberikan uang atau dolar. Menanamkan pengetahuan tentang kemandirian dengan berbagai teori dan praktiknya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan