Mohon tunggu...
Ahmad Faizal Abidin
Ahmad Faizal Abidin Mohon Tunggu... Mahasiswa

Saya mahasiswa semester 07 prodi PIAUD fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo. Sebagai seorang mahasiswa yang selalu berusaha memberikan hal-hal bermanfaat untuk semua orang, saya senang berbagi ide dan inspirasi dalam berbagai bentuk.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menumbuhkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggambar dan Literasi tentang Laut

15 Mei 2025   13:35 Diperbarui: 15 Mei 2025   13:35 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi, PPL Praktik Mengajar di B2

Pada hari Kamis, 15 Mei 2025, saya sebagai mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dari INSURI Ponorogo berkesempatan mengajar di Kelas B2 RA Muslimat NU 024 Patihan Kidul, Siman, Ponorogo. Kegiatan pembelajaran kali ini mengangkat sub tema "Laut" dengan beragam aktivitas menyenangkan dan edukatif untuk mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini secara menyeluruh.

Kegiatan diawali dengan mengajak anak-anak untuk menggambar lautan berdasarkan contoh gambar yang saya buat di papan tulis. Dalam proses ini, anak-anak diperkenalkan pada berbagai jenis makhluk laut seperti ikan, ubur-ubur, dan terumbu karang. Selain mengenal objek-objek laut, kegiatan ini turut menstimulasi beberapa aspek perkembangan anak:

1. Aspek Perkembangan Motorik Halus

Menggambar dan mewarnai secara langsung melatih keterampilan koordinasi antara mata dan tangan anak. Anak-anak memegang pensil dan krayon, mencoret, mengarsir, serta memberi warna pada gambar mereka. Meskipun belum semuanya rapi, kegiatan ini menjadi media penting dalam memperkuat keterampilan motorik halus mereka.

2. Aspek Perkembangan Kognitif

Saat menggambar dan mengenal kehidupan laut, anak-anak belajar mengamati, mengingat, dan memahami informasi baru tentang habitat dan jenis-jenis ikan yang bisa dimakan. Hal ini menumbuhkan kemampuan berpikir, membedakan, dan mengelompokkan benda-benda berdasarkan fungsi atau tempat hidupnya.

3. Aspek Perkembangan Bahasa

Setelah mewarnai, anak-anak menulis kata "laut" di kertas yang telah disediakan. Aktivitas ini mengasah kemampuan literasi awal mereka belajar mengenali huruf, membentuk kata, serta meningkatkan pemahaman makna kata tersebut. Kemudian, anak-anak diajak membaca kata "laut" secara bersama-sama. Sebagian besar anak mampu membacanya dengan lancar, sementara sebagian lainnya masih memerlukan pendampingan, yang merupakan bagian alami dalam proses belajar.

4. Aspek Perkembangan Sosial-Emosional

Dalam suasana kelas yang interaktif, anak-anak menunjukkan semangat dan antusiasme untuk menunjukkan hasil karya mereka. Mereka belajar percaya diri, saling mengapresiasi karya teman, serta melatih kesabaran saat menunggu giliran mewarnai atau menunjukkan hasil tulisan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun