Mohon tunggu...
Mohamad Agus Yaman
Mohamad Agus Yaman Mohon Tunggu... Seniman

kreator Prov. Kep. Bangka Belitung

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Spirit Dunia Pariwisata dan Seni Budaya Bangka Belitung

15 Oktober 2020   07:44 Diperbarui: 15 Oktober 2020   07:56 371 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Spirit Dunia Pariwisata dan Seni Budaya Bangka Belitung
Pelabuhan Belinyu (foto: maulana@able)

Bangka Belitung melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi setiap tahunnya terus berupaya menyegarkan dunia pariwisata Bangka Belitung. Menyehatkan seni budayanya juga dengan menawarkan kebudayaan dan kearifan lokalnya. 

Seni budaya merupakan kekayaan daerah yang diberdayakan DISPARBUD provinsi dalam mengembangkan wisata Bangka Belitung. Setiap seni budaya daerah di Indonesia ini memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan, dimana daya tarik itu memukau dan memiliki nilai jual yang tinggi dipastikan akan banyak wisatawan datang untuk melihatnya. 

Kearifan lokal dalam mendukung pariwiata yang ditingkatkan DISPARBUD Provinsi Bangka Belitung adalah kesenian tradisional, upacara adat, makanan tradisional, rumah adat, dan pakaian tradisional. Jika kearifan lokal tersebut disatukan dengan panorama-panorama alam yang indah di pulau Bangka Belitung dipastikan akan memiliki nilai jual yang tinggi. Memberikan pada pelaku-pelaku seni kesempatan untuk berkembang, dapat menampung aspirasi dan juga menarik minat investor untuk menanamkan modalnya.

Keindahan pantai hampir ada di tiap Kabupaten, mulai dari Bangka Induk (Sungailiat), Koba, Toboali, Mentok, Belitung Timur dan sebagainya. Tempat-tempat wisata ini akan membuat wisatawan betah untuk terus datang, tempat-temmpat itu diberi nama "Hutan Palawan, Danau Biru, Pulau Putri, Pagoda, pantai parai tenggiri, pantai matras dan lain sebagainya."

Pagoda Puri Tri Agung di Pantai Tikus di Sungailiat Kab Bangka (foto:maulana@able)
Pagoda Puri Tri Agung di Pantai Tikus di Sungailiat Kab Bangka (foto:maulana@able)

Melihat tujuan Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung agar wisatawan manca negara maupun lokal semakin aktif untuk datang, dan keinginan agar banyaknya wisatawan suka berpetualang di pulau Bangka Belitung menjadikan dunia pariwisata diusahakan untuk berjalan cepat.

Sebagian besar wisatawan suka pada keindahan alam, ketentraman, kenyamanan dan keunikan daerah yang dituju, selain itu kegiatan diving dan hiking sudah menjadi tujuan utama para wisatawan asing, maka Bangka Belitung menyiapkan tempat-tempat yang nyaman tersebut dengan keindahan alamnya yang alami dan eksotis.

Tempat-tempat yang indah ini disediakan Bangka Belitung untuk bisa melayani dan memberi kepuasan kepada turis manca negara maupun lokal yang suka traveling dengan pemandangan yang indah, dilengkapi toko-toko kecil yang berjualan minuman dan makanan khas Bangka di tepi-tepi pantai. 

Madu manis maupun pahit yang terkenal berasal dari hutan palawan, demikian juga kerupuk, keretek khas Bangka yang bercitarasa ikan laut dan cumi tersedia hampir di semua toko. Taxi selalu siap mengantar kemanapun wisatawan inginkan, serta hotel-hotel mewah seperti parai beach, Fox Harris Hotel, Swiss-Belhotel, Menumbing Heritage Hotel, parai tenggiri, dan banyak lagi lainnya dengan dirancang khusus untuk mengakomodasi para wisatawan.

Wisma Menumbing, Mentok Kabupaten Bangka Barat (foto: maulana@able)
Wisma Menumbing, Mentok Kabupaten Bangka Barat (foto: maulana@able)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x