Mohon tunggu...
AGUS WAHYUDI
AGUS WAHYUDI Mohon Tunggu... Jurnalis - setiap orang pasti punya kisah mengagumkan

Jurnalis l Nomine Best in Citizen Journalism Kompasiana Award 2022

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Tunggu Pengumuman, Sempat Bertahan 7 Jam di Stasiun Gambir

22 Oktober 2023   15:18 Diperbarui: 26 Oktober 2023   18:01 336
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Para penerima Kompasiana Awards 2022. (Foto: KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI) 

Kaget dan setengah gak percaya. Begitu saat saya membaca email yang dikirim dari akun Event Kompasiana.

Dalam pesannya, Kompasiana memberi ucapan selamat. Juga memberikan kabar kalau nama saya masuk calon penerima penghargaan Kompasiana Award 2022 kategori Nomine Best In Citizen Journalism.

Saya makin penasaran, di email tersebut juga ditanyakan kesediaan saya: apakah bisa menghadiri acara tersebut atau menunjuk orang yang mewakili. Acaranya bakal digelar di Bentara Budaya, Jakarta Barat.

Saya lumayan paham Bentara Budaya. Saya pernah berkunjung ke sana, sekitar tahun 1994. Kala itu, saya ikut pelatihan Jurnalistik Lanjutan yang diadakan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (sekarang jadi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

Di pelatihan itu, pesertanya para mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Di sela pelatihan, kami mendapat kesempatan mengunjungi dapur Redaksi Harian Kompas dan Bentara Budaya.

Di sana, saya bertemu Mas Sujiwo Tedjo, waktu itu ia masih jadi redaktur yang mengasuh rubrik budaya. Juga Mas Ninok Leksono, saya lupa jabatannya saat itu di Kompas. Kami mendapat penjelasan banyak hal tentang proses produksi koran.

Di pelatihan jurnalistik itu, saya terpilih menjadi 15 peserta terbaik. Kemudian mendapat kesempatan magang di beberapa media di Jakarta. Di antaranya Kompas, Pelita, Republika dan Media Indonesia. Saya diplot ikut magang di Media Indonesia.

Kembali soal email itu, saya masih bertanya-tanya. Karena memang tak seperti biasanya. Baru kali ini saya terima email dari Kompasiana berisi pengumuman nominasi. 

Biasanya, email tawaran mengikut lomba, membuat konten tema tertentu, menghadiri acara diskusi, dan tawaran pemakaian akun premium.

"Benar ta iki?" saya membatin setelah membaca email beberapa kali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun