Mohon tunggu...
AGUS WAHYUDI
AGUS WAHYUDI Mohon Tunggu... Jurnalis - setiap orang pasti punya kisah mengagumkan

Jurnalis l Nomine Best in Citizen Journalism Kompasiana Award 2022

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Aplikasi untuk Alarm Diri dan Monitoring UMKM

24 April 2021   23:32 Diperbarui: 24 April 2021   23:49 827
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi foto:netbooknews.com

Pandemi membuat saya makin lama terhubung dengan internet. Lebih 12 jam sehari. Apalagi di bulan suci Ramadan. Aktivitas sehari-hari banyak dilakukan di depan laptop dan mennggunakan gadget.

Setelah sahur, saya sudah menggunakan gadget. Banyak hal yang perlu saya cek. Dari perkembangan website, melihat dashboard Youtube channell, dan lainnya.

Setelah subuh, setelah membaca Alquran, saya menggunakan gadget lagi. Jam 10 pagi hingga jam empat sore, saya menggunakan laptop untuk bekerja.

Di sela jelang maghrib saya lebih santai. Berikut beberapa aplikasi yang menjadi pendamping saya sambil ngabuburit:

Ilustrasi foto:teknojurnal.com
Ilustrasi foto:teknojurnal.com

1. Salaam

Awalnya, saya menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui jadwal salat. Karena saya butuh alarm untuk mengingatkan waktu salat. Terutama kalau aktivitas di kantor lagi padat-padatnya.

Dengan alarm adzan, saya merasa punya self of awareness (kesadaran diri) akan kewajiban yang harus ditunaikan. Tak jarang alarm adzan berbunyi saat ada rapat.  Biasa kalau mendengar itu rapat segera dipercepat. Sehingga saya bisa bergegas melaksanakan salat.

Terlebih di bulan Ramadan, alarm adzan itu amat ditunggu. Bahkan, meski di televisi sudah adzan, tapi kalau alarm di Salaam belum pas jam maghrib, saya memilih menunggu.

Bukan hanya alarm adzan, saya juga kerap membaca doa dan hadis. Pesan yang lugas dan mudah diingat. Seperti  pesan tidur di awal malam, ketika malam tiba, keutamaan hari Sabtu dan masih banyak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun