Mohon tunggu...
AGUS WAHYUDI
AGUS WAHYUDI Mohon Tunggu... Jurnalis - setiap orang pasti punya kisah mengagumkan

Jurnalis l Nomine Best in Citizen Journalism Kompasiana Award 2022

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Pengalaman "Antre" Online Beli Sego Sambel Mak Yeye

28 Mei 2020   23:03 Diperbarui: 24 Oktober 2020   15:11 1963
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto:pergikuliner.com

Pasca Lebaran, ada salah satu kuliner favorit yang ingin saya nikmati. Apa itu? Sego Sambel Mak Yeye Wonokromo. Destinasi kuliner legendaris di Kota Surabaya. Buka mulai jam sembilan malam. Biasanya tutup jelang Subuh, kadang jam 2 malam. Tahun ini, Sego Sambel Mak Yeye tutup total selama Ramadan.

Saya gak perlu menjelaskan detail lagi seperti apa makan di Sego Sambel Mak Yeye. Sudah banyak liputan televisi yang bisa dilihat di medsos maupun Youtube. Pun artis, influencer, food vlogger yang telah berkunjung di sana. Beberapa nama beken seperti Bondan "Maknyus" Winarno (kini sudah meninggal), Deddy Corbuzier, Nex Carlos, dan masih banyak lagi. Narasi dan penjelasan soal makan Sego Sambel Mak Yeye di medsos sudah lengkap.

Saya sendiri sampai sekarang masih bertanya-tanya, meski pilihan menu tak banyak, tapi penikmat Sego Sambel Mak Yeye sungguh luar biasa. Sego Sambel Mak Yeye menjual nasi, telur ceplok, ikan pari (iwak pe), ikan lele, ayam, tempe, tahu, dan sambel.    

Bukan hal aneh jika pengunjung Sego Sambel Mak Yeye uyel-uyelan. Anterannya mengular.  Dari deretan mobil mewah sampai sepeda motor. Dari yang makan di tempat sampai menumpuknya sopir ojek online (ojol) sebelum warung buka.

Soal antre membeli sampai lama, saya sudah kenyang pengalaman. Bareng istri, saya pernah mengantre sampai satu jam lebih. Ketika itu saya berdiri, istrinya saya sampai tertidur di emperan toko yang tutup, beralaskan tikar, bersama pengunjung lain yang juga menunggu antrean.

Keriuhan Sego Sambel May Yeye ini juga pernah jadi meme di masa pandemi Corona (Covid-19). Meme lucu tersebut viral di medsos. Di mana dalam meme tersebut menunjukkan empat foto di masa wabah yang membahayakan jiwa itu. 

Tiga foto menjelaskan kondisi di Wuhan, Italy, dan Filipina. Di ketiga kota tersebut menunjukkan suasana sepi. Nyaris gak ada penduduk keluyuran. 

Sementara satu foto menjelaskan kondisi Sego Sambel Mak Yeye. Di mana, ada antrean pengunjung yang mengantre membeli. Gak ada physical distancing maupun social distancing. Entah siapa yang membuat meme tersebut. Yang jelas, saya selalu tersenyum geli setiap kali melihat meme tersebut.

***

Malam ini (28/5/2020), tepat jam 9 malam, saya buka aplikasi. Kebetulan dua anak saya juga penggemar Sego Sambel Mak Yeye. Keduanya masih berusia belasan tahun. Bisa ditebak kalau penggemar Sego Sambel Mak Yeye bukan kalangan baby boomer, tapi juga generasi milenial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun