Mohon tunggu...
Agustinus Triana
Agustinus Triana Mohon Tunggu... Tinggal di Lampung

Menulis agar ada jejak

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Tidak Punya Kesempatan Naik Jabatan, tetapi Tetap Punya Nilai

24 Januari 2020   23:55 Diperbarui: 25 Januari 2020   07:58 92 3 1 Mohon Tunggu...
Tidak Punya Kesempatan Naik Jabatan, tetapi Tetap Punya Nilai
ilustrasi : finansialku.com

Punya kesempatan naik jabatan dalam karir tentu saja sangat menyenangkan. Selain prestise tersendiri, tentunya kita juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Entah gaji pokok yang bertambah atau pun tunjangan jabatan yang bertambah.

Tapi tidak semua pekerjaan itu ada istilah naik jabatan. Apa iya?

Ada. Contohnya adalah pekerjaan penulis saat ini.

Sudah hampir 6 tahun penulis bekerja sebagai kelompok pakar di salah satu lembaga pemerintahan daerah. Macam pekerjaannya adalah memberikan masukan kepada lembaga legislatif tentang masalah-masalah yang menyangkut pengawasan, penganggaran dan peraturan daerah. Diminta atau tidak diminta, penulis harus memberi masukan kepada pemerintah lewat lembaga legislatif atas sebuah masalah yang sedang dibahas. Masukan yang penulis berikan secara tertulis ataupun lisan, boleh dipakai, boleh juga tidak dipakai oleh lembaga legislatif. Sederhananya, tugas penulis memberikan masukan, bukan membuat keputusan.  

Pekerjaan penulis ini atas dasar kontrak secara periodik melalui surat keputusan. Tidak ada istilah naik jabatan di dalamnya. Istilah yang ada hanya melanjutkan kontrak kerja. Selanjutnya, posisi jabatan yang sama akan dilanjutkan pada periode berikutnya. Soal naik gaji jangan ditanya, biasanya pasrah saja mengikuti kebijakan peraturan kepala daerah.

Mungkin para pembaca saat ini sedang menggeluti jenis pekerjaan yang sama seperti penulis, sama-sama tidak ada istilah naik jabatan.

Kalau sudah begitu, apakah kesempatan penulis dan pembaca lebih sempit untuk memperbaiki taraf hidup dibandingkan dengan orang-orang yang bekerja di tempat yang ada kesempatan naik jabatan?

Jika anda menjawab Ya, maka anda harus membaca tulisan ini sampai selesai.

Sebenarnya kesempatan kita untuk memperbaiki taraf kehidupan sama dengan yang lain, meskipun kita saat ini bekerja pada posisi pekerjaan yang tidak mengenal istilah naik jabatan. Yang membedakan hanya apa yang harus kita lakukan terhadap pekerjaan kita saat ini. Paling tidak ini yang penulis rasakan selama hampir 6 tahun bekerja di tempat sekarang.  

Jadi, apa yang harus kita lakukan terhadap pekerjaan kita yang sekarang? Sederhana. Hal yang harus kita lakukan adalah mengembangkan diri untuk memiliki value atau nilai diri lewat pekerjaan kita saat ini.

Melalui cara ini, kesempatan untuk memperbaiki kehidupan akan selalu terbuka. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan diri kita supaya memiliki value atau nilai diri dalam pekerjaan kita sekarang?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x