Mohon tunggu...
wulanindri
wulanindri Mohon Tunggu... agustin

Penyuka tanaman, buku-buku novel, dan pendengar yang baik

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Trend AudioFile/ AudioBook

15 Juni 2021   08:45 Diperbarui: 15 Juni 2021   09:12 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Trend AudioFile/ AudioBook
audiofilemagazine.com

Pada dasarnya cerita, kisah baik itu kisah nyata curhatan tentang dirinya di masa lalu, pengalaman hidu maupun kisah fiktif seperti kisah terbentuknya suatu batu yang terlihat aneh atau gunung yang nampak seperti benda tertentu yang merupakan hasil imajenasi dikisahkan lewat lisan dari seseorang kepada orang lain pada umumnya dari yang sudah sepuh ke yang masih muda. 

Atau boleh jadi dari satu kawan ke kawan yang lainnya yang memang pandai berimajenasi dan menuturkan apa yang ia imajenasi-kan hingga menjadi cerita yang menarik dan terbentuk di benak kawan yang lainnya yang kemudian tertarik untuk menceritakannya kembali. Terbentuklah dongeng mitos-mitos dan sebagainya yang dikisahkan turun temurun dari mulut kemulut. 

Dari cerita-cerita tersebut beberapa kemudian di tulis dan terbentuklah suatu kisah yang utuh. Berkisah atau bercerita merupakan kemampuan dasar manusia, banyak kemudian beberapa orang membuat cerita-cerita nya sendiri baik itu kisah-kisah fiktif maupun non fiktif alias hasil pengalamnya yang secara kebetulan maupun yang berdasakan pengamatannya secara di sengaja. 

Untuk memastikan bahwa kisah-kisah itu tidak hilang begitu saja terbawa angin waktu kisah-kisah dan cerita tersebut di tulis beberapa di tambahkan dengan coretan-coretan gambar hingga menambah semakin menariknya tulisan tersebut. 

Trend membacakan dongeng sebelum tidur banyak diadopsi oleh para orang tua kepada anak-anak mereka kebanyakan terpaku pada buku cerita atau buku dongeng yang di baca. 

Peran sebagai pembaca cerita pun boleh jadi dilakukan seorang pendidik kepada anak didiknya, gaya bercerita atau gaya berkisah yang jenaka pun mulai menjadi pembeda muncul belakangan tred membaca nyaring atau reading aloud, entah itu dilakukan dirinya sendiri untuk dirinya atau dilakukan pendidik kepada muridnya atau pendengarnya dengan tujuan agar cerita atau kisah dapat di mengerti oleh pendengar bergulat dengan semakin maraknya fungsi teknologi pada gawai yang membuat banyak orang terpaku dan lebih banyak berfokus pada gawai dan ragam aplikasi yang terdapat di dalamnya baik itu game-game, aplikasi untuk bersapa atau saling berkomunikasi, mengerjakan sesuatu maupun aplikasi untuk unjuk gigi mempelihatkan aktifitas-aktifitas mereka.  

Seiring dengan trend kecanggikan gawai yang kian mengambil porsi yang besar dalam mengisi waktu dan aktifitas sehari-hari muncul juga trend Audiofile atau Audiobook merupkan file atau buku yang ditambah dengan backsound tertentu juga narator-narator yang menuturkan isi buku.

VIDEO PILIHAN