Mohon tunggu...
A. S. Pamuji
A. S. Pamuji Mohon Tunggu... Paralegal

Manusia yang dilempar dan dipaksa hidup di dunia.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Debat Perdana Capres AS, Donald Trump Vs Joe Biden

30 September 2020   03:21 Diperbarui: 30 September 2020   03:32 47 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Debat Perdana Capres AS, Donald Trump Vs Joe Biden
Sumber: bloomberg.com

Debat perdana capres Amerika Serikat (AS), Donald Trump Vs Joe Biden, segera digelar pada Selasa, 29 September 2020 waktu Amerika, atau Rabu, 30 September 2020 waktu Indonesia.

Debat kali ini akan dipandu oleh jurnalis Fox News, Chris Wallace, dan digelar di Case Western Reserve University and Cleveland Clinic, di Cleveland Ohio.

Dipilihnya Jurnalis Fox News, Chris Wallace sebagai moderator karena Chris merupakan jurnalis yang netral dan tak berpihak.

Berbeda dengan debat perdana capres Donald Trump vs Hillary Clinton periode sebelumnya yang membahas topik: arah Amerika, bagaimana mencapai kesejahteraan, dan bagaimana mengamankan Amerika. 

Berdasarkan info yang dikutip dari laman Debates.org, pada debat capres AS kali ini topik yang akan dibahas yakni: rekam jejak kedua capres, posisi Hakim Agung AS, Covid-19, perekonomian, kekerasan rasial di kota-kota AS, dan integritas pemilihan umum.

Dari ke enam topik tersebut, Covid-19 bisa menjadi topik yang berat bagi Donald Trump, mengingat AS merupakan salah satu negara dengan kasus positif dan kematian yang cukup tinggi. Di samping itu, Trump banyak mendapat kritikan karena dinilai lamban dalam mengambil kebijakan terkait penanganan Covid-19.

Kedua capres akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasannya dalam debat yang berlangsung selama 90 menit. Dari ke enam topik itu akan dibagi menjadi enam segmen, yang mana setiap segmen berdurasi 15 menit.

Berdasarkan data terakhir poling CNN Poll of Polls Selasa, 29 September 2020, Joe Biden sebagai penantang Donald Trump unggul dengan 51 persen, sedangkan petahana Donald Trump tertinggal delapan persen suara dengan perolehan 43 persen.

Di pilpres AS tahun ini, Donald Trump akan berpasangan dengan Mike Pence, sedangkan lawannya, Joe Biden, berpasangan dengan Kamala Harris. Debat cawapres sendiri akan digelar pada 7 Oktober mendatang di Salt Lake City, Utah.

VIDEO PILIHAN