Agus Riyanto
Agus Riyanto Guru

Belajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Sendangrejo, "The Hidden Paradise"

14 November 2017   05:50 Diperbarui: 14 November 2017   06:01 206 2 1

Tiada habisnya jika membahas pesona pariwisata di Indonesia. Kekayaan alam dan kebudayaan daerah memiliki potensi yang besar untuk terus digali dan dijadikan magnet wisatawan untuk datang berkunjung. Salah satu daerah yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan yaitu Kabupaten Sragen. Kabupaten Sragen merupakan wilayah eks karesidenan Surakarta, Jawa Tengah.

Selama ini kita mengenal Sragen dari adanya Museum Sangiran. Museum manusia purba yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia ini terletak di Kecamatan Kalijambe. Selain itu, juga ada objek wisata yang tak kalah terkenal yaitu Gunung Kemukus. Gunung Kemukus terletak di Kecamatan Sumberlawang. Dua obyek wisata ini sudah dikelola secara profesional oleh pemerintah.

Satu lagi potensi wisata yang bisa digarap secara profesional oleh pemerintah Kabupaten Sragen yaitu pesisir genangan waduk Kedung Ombo. Salah satu daerah pesisir waduk kedung Ombo yang sangat menjanjikan adalah Sendangrejo. Sendangrejo terletak disebelah barat laut Gunung Kemukus. Jika ditarik garis lurus maka hanya berjarak sekitar lima kilometer. Tetapi karena terhalang perairan, maka jarak perjalanan melalui darat bisa mencapai sepuluh kilometer.

Hampir seluruh wilayah Sendangrejo dikelilingi oleh air. Sehingga daerah ini tampak seperti sebuah pulau. Tempatnya yang berada di ketinggian memungkinkan warga tidak ikut bedhol desa saat pembangunan waduk Kedung Ombo tahun 1985 silam. Nama Sendangrejo diambil dari banyaknya sendang (sumur kecil) yang ada di daerah ini. Secara administrasi, Sendangrejo masuk wilayah Desa Gilirejo, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen.

Sendangrejo memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Memiliki keindahan alam di pesisir waduk dan daerahnya yang masih asri, daerah ini menawarkan potensi untuk dijadikan tempat wisata berkonsep home stay.Wisatawan diajak untuk menginap dan menjadi warga Sendangrejo selama beberapa hari dirumah-rumah penduduk.

Selama berada disana, wisatawan diajak untuk ikut serta melakukan kegiatan sehari-hari penduduk. Mulai dari memasak memakai kayu bakar, menyusuri jalan setapak menuju pinggiran waduk, pergi ke ladang naik perahu menyeberangi waduk, mencari ikan dengan branjang, dan tidur diatas lantai yang masih berupa tanah.

Semua kegiata ini akan menghadirkan nuansa masa lampau bagi wisatawan. Nuansa ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Selain itu akan menebalkan rasa syukur atas segala kemudahan dan kenyamanan hidup yang dialami selama ini di perkotaan.

Kegiatan lain yang ditawarkan yaitu mengelilingi pesisir waduk menggunakan perahu. Ada dua macam perahu yang digunakan bergantung jaraknya. Perahu dayung untuk jarak dekat dan perahu mesin untuk jarak jauh.

Perahu-perahu ini merupakan milik penduduk Sendangrejo yang bisa kita gunakan kapanpun. Dengan menggunakan perahu, kita bisa melihat keindahan panorama waduk Kedung Ombo. Di pesisir genangan akan dijumpai spot-spotfoto alami berkelas dunia yang layak untuk diabadikan. Selain kegiatan-kegiatan tersebut, kita juga bisa hanya bermain air saja.