Mohon tunggu...
Agus Kusdinar
Agus Kusdinar Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta/Content Creator/Exclusive Writer Narativ On Loc Desa Wisata/SWJ Ambassador 2023

Banyak Menulis tentang Humaniora

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pengalaman Buruknya Pelayanan Puskesmas di Daerah

13 November 2017   20:29 Diperbarui: 14 November 2017   06:32 4797
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi/Foto :Antara

Pelayanan kesehatan terutama milik pemerintah, dalam pelayanannya belum begitu maksimal terutama yang jauh dari pemerintahan pusat, hal ini sangat disayangkan karena tugas mereka adalah melayani masyarakat bukan sebaliknya masyarakat melayaninya dengan semena-mena menggunakan aturan mereka yang  menyalahi aturan, apalagi sampai memarahi ketika ada seseorang yang butuh pelayanan yang baik tetapi tidak dilayaninya dengan sungguh-sungguh, malahan memaki mereka yang butuh pelayanan karena hal tertentu, padahal orang tersebut tidak melanggar aturan, dan hal ini perlu ada perhatian khusus, supaya kasus tersebut tidak terulang lagi.

Sebuah pengalaman pribadi yang terjadi beberapa minggu kebelakang, ketika berobat ke Puskesmas di daerah Garut (Kadungora), hari itu adalah hari jum'at, datang ke Puskesmas karena sakit gigi, dan Puskesmas adalah tempat paling dekat dibanding Klinik dan Rumah Sakit, sehingga saya memilih Puskesmas untuk datang berobat, tetapi sangat di sayangkan mereka sebagian sudah tidak ada di tempat, mereka berseliweran kesana kemari, padahal waktu baru menunjukan kurang lebih jam 10.20 Wib, dan di tempat pendaftaran pun tak ada orang yang menunggunya.

Pelayanan yang sangat mengecawakan, karena saya dalam kondisi sakit gigi bingung mencari orang untuk daftar sebagai pasien, tetapi selang beberapa menit datanglah seorang perempuan menghampiri dan duduk di tempat pendaftaran, dan apa yang terjadi, si Ibu tersebut malah sedikit memarahi saya, dengan alasan saya datang terlalu siang karena hari jum'at, sebagian karyawan Puskesmas yang laki-laki akan melaksanakan sholat jum'at, padahal waktu itu baru menunjukan kurang lebih jam 10.20 Wib, ini adalah jawaban yang sangat ironis dan sangat menyinggung perasaan saya yang lagi sakit gigi yang ingin segera cepat-cepat mendapatkan pelayanan, malahan mendapatkan muka kecut sang Ibu yang nongkrong di tempat pendaftaran, yang seharusnya lebih ramah dalam melayani masyarakat.

Selanjutnya setelah masuk pendaftaran, saya menunggu lagi panggilan, padahal hanya 2 orang yang menunggu termasuk saya, dan si Ibu yang sebelumnya berada di meja pendaftaran malahan pergi entah ke ruangan mana, dan sangat membingungkan saya, karena saya ingin cepat-cepat dilayani, dan untung tak lama kemudian didalam ruangan ada suara yang memanggil, untuk segera masuk meskipun tidak jelas dalam pemanggilan prosedur, dan saya segera masuk dengan sangat bahagia sekali, karena masih ada yang melayani meskipun dalam hati masih bertanya-tanya.

Setelah masuk ruangan, sebelum duduk mau di periksa, muka si ibu dalam sama kecutnya dengan si Ibu yang berada didalam ruangan , dan selanjutanya si Ibu juga yang mau memeriksa sama memarahi saya, dengan alasan datang terlalu siang karna hari jum'at, laki-laki akan pergi jum'atan, tetapi kali ini sudah tidak bisa menahan emosi saya, dan saya kembali memarahi si Ibu, karena merasa benar, karena waktu belum genap jam 11 siang masih ada sekitar 20 menit untuk menuju waktu jam 11 siang, yang kata si Ibu jam 11 batas waktu terakhir di hari jum'at, karena berselang untuk melakasanakan sholat jum'at.

Akhirnya si Ibu mengalah, karena beliau merasa salah, karena saya terus menyerang si Ibu dengan kata-kata dan fakta yang ada sesuai dengan aturan yang di berlakukan oleh pemerintah, dan selanjutnya si Ibu melayani dengan halus dan nada bicara yang lebih sopan, meskipun saya sebenarnya masih enek atas pelayanan mereka, yang tidak sesuai aturan dan sedikit meremehkan dalam melayani orang yang sakit yaitu saya.

Pengalaman diatas adalah sebuah fakta, dan merupakan gambaran buruk pelayanan kesehatan pemerintah, yang kurang terkontrol oleh pemerintah pusat, ini perlu ada perhatian dari pemerintah terkait bahwa pelayanan kesehatan buat masyarakat sangatlah penting, karena ini menyangkut penyakit yang diderita dan ada hubungannya dengan nyawa seseorang, dan masalah ini tak bisa dipermainkan, karena PUSKESMAS adalah Pusat Kesehatan Masyarakat, yang wajib melayani masyarakat dengan baik dan benar, tidak semena-mena menjalankan aturan sekehendak, sehingga merugikan masyarakat yang membutuhkan pelayanan dengan maksimal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun