Mohon tunggu...
agus hendrawan
agus hendrawan Mohon Tunggu... Guru - Tenaga Kependidikan

Pendidikan, menulis, berita, video, film, photografi, sinematografi, alam, perjalanan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Motif dan Kiat Lansia Bekerja

28 April 2024   17:44 Diperbarui: 28 April 2024   18:07 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar Ilustrasi lansia (iStockphoto/amoklv)via Kompas.com 

Harta melimpah, uang pensiun mengalir setiap bulannya, uang ternyata bukan satu-satunya alasan, lalu apa motif lansia untuk kembali bekerja? Mari kita cari tahu bersama.

Motivasi bagi lansia untuk kembali bekerja bisa bervariasi tergantung pada situasi individu, tetapi beberapa faktor umum yang bisa menjadi motivasi bagi mereka antara lain:

1. Kemandirian: Banyak lansia yang ingin tetap merasa mandiri dan relevan dalam masyarakat. Kembali bekerja dapat membantu mereka merasa produktif dan terlibat secara aktif dalam kegiatan sehari-hari.

2. Keuangan: Untuk beberapa lansia, kebutuhan finansial menjadi motivasi utama untuk kembali bekerja. Mereka mungkin membutuhkan tambahan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau untuk menutupi biaya kesehatan dan kebutuhan lainnya.

3. Kesehatan Mental dan Emosional: Bekerja dapat memberikan struktur dan tujuan bagi kehidupan seorang lansia, membantu mereka tetap aktif secara mental dan emosional. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko depresi dan isolasi sosial.


4. Koneksi Sosial: Bekerja juga memberikan kesempatan bagi lansia untuk berinteraksi dengan orang lain, memperluas lingkaran sosial mereka, dan membangun hubungan baru.

Jika ada lowongan kerja yang secara khusus menyasar lansia, ini bisa menjadi peluang yang sangat baik. Lowongan pekerjaan yang mempertimbangkan kebutuhan dan keterampilan khusus lansia, serta memberikan lingkungan kerja yang mendukung, dapat menjadi motivasi tambahan bagi mereka untuk kembali bekerja. Ini dapat memberikan rasa nilai diri dan kepuasan tersendiri karena merasa diakui dan dibutuhkan dalam pasar kerja.

Lalu apa kiat-kiat yang harus dipersiapkan seorang lansia untu kembali bekerja? Persiapan yang matang sangat penting bagi seorang lansia yang ingin kembali ke dunia kerja. Hal-hal berikut mungkin dapat membantu dalam persiapan tersebut:

1. Evaluasi Kesehatan: Sebelum memutuskan untuk kembali bekerja, penting untuk melakukan evaluasi kesehatan menyeluruh dengan dokter. Pastikan kondisi kesehatan kita memungkinkan untuk menjalankan tugas-tugas pekerjaan yang diinginkan.

2. Pembaruan Keterampilan: Dunia kerja terus berkembang, jadi pastikan untuk memperbarui keterampilan dan pengetahuan kita sesuai dengan kebutuhan pasar kerja saat ini. Ini bisa melalui pelatihan, kursus online, atau kegiatan belajar lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun