Mohon tunggu...
Agus Fitri Yanto
Agus Fitri Yanto Mohon Tunggu...

Berjuang dengan Ikhlas adalah sebuah kemenangan untuk menuju kemenangan besar yang dicita-citakan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Polsa “Gebyuran” ala Water Safety

3 Juli 2014   21:42 Diperbarui: 18 Juni 2015   07:37 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa Polsa “Gebyuran” ala Water Safety
14043732021335817112

Purworejo – Bagi anak muda aktifitas berenang tentu sangat mengasyikkan. Tidak terkecuali bagi puluhan anak muda di Kutoarjo yang melakukan ‘gebyuran’ di Kolam renang Alam Tirta Purworejo menjelang ramadhan beberapa waktu lalu. Namun kehadiran mereka menjadikan pemandangan berbeda dan tidak seperti umumnya di kolam renang. Tidak kurang dari dua puluh anak muda berkerumun di salah satu kolam.

Di tengah-tengah aktifitas pemanasan, beberapa nampak sedang mempersiapkan puluhan pelampung. Sesaat kemudian ada beberapa penyampaian instruksi dari pemandu. Bukan latihan atau kursus berenang, yang mereka lakukan ternyata adalah pelatihan water safety. Kegiatan itu dilakukan oleh mahasiswa Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Politeknik Sawunggalih Aji (POLSA) Kutoarjo Purworejo.

“Pelatihan ini merupakan program kerja untuk meningkatkan ketrampilan anggota KSR dalam aktifitas-aktifitas kemanusiaan. Materinya yaitu penyelamatan di air bagi diri sendiri dan orang lain. Jadi rekan-rekan dilatih mulai dari kemampuan dasar di air hingga teknik penyelamatan terhadap orang lain. KSR POLSA secara rutin mengadakan pelatihan untuk para anggotanya,” ungkap Sri Wardaningsih - Ketua KSR POLSA.

Sedangkan Amalia Almas – mahasiswi jurusan Administrasi Bisnis mengaku bahwa kegiatan yang diikutinya itu sangat menyenangkan dan bermanfaat. “Kita jadi tambah ilmu untuk menyelamatkan korban dalam air dan keselamatan diri sendiri,” tukasnya. Hal senada diungkapkan pula oleh Reny Nurhayati, “Senang dapat ikut water safety training. Selain dapat ilmu juga dapat pengalaman yang tak ternilai.”

Disampaikan pula oleh Wardah bahwa kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, Akuntansi dan Administrasi Bisnis itu dibimbing oleh Haryo Setyoko dan Yuli Haryono dari PMI Cabang Purworejo.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Direktur serta Wakil Direktur III yang senantiasa mendukung pengembangan minat bakat mahasiswa. Terima kasih juga kepada pihak PMI Cabang Purworejo yang telah menjadi fasilitator pelatihan. Kami cukup puas karena peserta sangat antusias dan bersemangat mengikuti sesi demi sesi latihan dan arahan atau instruksi dari fasilitator,” tandas mahasiswi Jurusan Akuntansi ini.

Secara terpisah Wakil Direktur III POLSA – Agus F., SE, MM menyampaikan bahwa POLSA memang sangat mendukung pengembangan minat bakat mahasiswa secara positif melalui BEM, KSR, UKM dan berbagai kegiatan.

“POLSA juga sangat mendukung dengan upaya-upaya peningkatan kesejahteraan mahasiswa melalui kesempatan beasiswa yang terbuka luas. Beasiswa ini hingga Rp4,2juta per mahasiswa. Sedangkan untuk calon alumni dan alumni, disamping mereka secara mandiri berusaha menembus dunia kerja dan industri, POLSA juga mengupayakan peluang-peluang kerja yang cukup bonafid,” ungkapnya.

Agus juga mencontohkan, alumni POLSA yang baru diwisuda akhir 2013 lalu, sejak beebrapa bulan lalu sudah diterima kerja dan menjadi keluarga besar Bank BRI di wilayah Purworejo. Ada pula alumni yang lolos menjadi CPNS di kementerian maupun pegawai BUMN.

“Kita bersyukur dan bangga bahwa alumni POLSA semakin punya daya tawar yang tinggi di dunia kerja,” tandasnya. (*)