Mohon tunggu...
Agus BudiPrasetya
Agus BudiPrasetya Mohon Tunggu... Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)

Jangan menyerah sebelum mencoba

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Penguatan Nilai Pancasila di Tengah Memudarnya Moral di Kalangan Remaja

30 Oktober 2020   23:22 Diperbarui: 30 Oktober 2020   23:38 56 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penguatan Nilai Pancasila di Tengah Memudarnya Moral di Kalangan Remaja
whatsapp-image-2020-10-25-at-17-04-28-5f9c3d3a8ede484c314ba672.jpeg

 

Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu, sebagai akal sehat dan beberapa  kecenderungan filosofis falsafah,

Sesuai dengan pengertian ideologi di atas, dalam kedudukan sebagai dasar, atau falsafah, atau ideologi, Pancasila merupakan suatu system nilai yang layak dan dapat digunakan untuk mengatur penyelenggaraan negara Indonesia

Sebagai falsafah atau ideologi negara Indonesia, Pancasila bukan sebuah ideologi impor dari bangsa lain, juga bukan sebuah hasil konstruksi ide satu orang, melainkan sebuah hasil penggalian oleh Sukarno atas nilai kebudayaan masyarakat Nusantara yang kemudian dirumuskan dan disepakati bersama oleh para pendiri bangsa.

Pancasila lahir sebagai ideologi bangsa adalah pilihan yang terbaik karena kandungan dasarnya yang berawal dari kitap Negarakertagama yang mengandung arti luas bagi bangsa ini yaitu “walaupun berbeda tetapi tetap satu jua”.

Namun , melihat akhir-akhir ini nilai pancasila sudah mulai terabaikan oleh masyarakat terutama dari kalangan generasi muda.

Pancasila yang sebagaimana mestinya menjadi Pandangan Hidup, Dasar Negara, Pemersatu Bangsa, sekarang hampir tidak ada artinya lagi.

Hal itu dapat kita lihat dari banyaknya kejadian dan peristiwa yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Mereka seolah-olah lupa bahwa jati diri Bangsa Indonesia adalah Pancasila dan  melupakan adat ketimuran yang kita miliki yaitu Negara yang menjunjung tinggi moral dan adat kesopanan.

Para kaum muda yang seharusnya menjadi generasi penerus bangsa, malah  melakukan  hal yang bertentangan  dengan nilai pancasila.Penyebab melemahnya nilai pancasila di kalangan masyarakat terkhususnya pada generasi muda, salah satunya pesatnya era globalisasi.

Pada era globalisasi, maka sangat memungkinkan generasi muda akan dengan mudah mendapatkan informasi dari seluruh dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN