Mohon tunggu...
Agus Puguh Santosa
Agus Puguh Santosa Mohon Tunggu... Guru Bahasa Indonesia

Menulis adalah jalan mengenal sesama dan semesta.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Aneka Bonsai Akan Jadi Tren Tanaman Hias 2021

15 Januari 2021   00:00 Diperbarui: 15 Januari 2021   00:18 100 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aneka Bonsai Akan Jadi Tren Tanaman Hias 2021
Tanaman Bonsai Santigi Tanaman bonsai Kacapiring (Sumber foto: www.kaskus.co.id)

Di awal tahun 2021 ini ada banyak spekulasi yang bermunculan perihal tren yang akan digandrungi oleh warga Indonesia pada umumnya. Spekulasi tersebut berkaitan tentang makanan, pakaian, model rambut, model rumah, teknologi terkini, film yang akan tayang, hingga soal tanaman hias 2021.

Beberapa tahun terakhir, perihal tanaman hias yang digemari oleh warga Indonesia di banyak tempat, kota, maupun wilayah, selalu menyita perhatian media massa, media sosial, hingga infotainment pun tak kalah seru memberitakannya. Yang belakangan biasanya dengan cara menggandeng artis atau public figure yang sedang naik daun demi menaikkan rating pemirsa.

Apapun alasan dan ulasannya, rasa "cinta terhadap keanekaragaman hayati" memang harus ditumbuhkan secara masif dan terus-menerus. Dengan demikian, semangat untuk mencintai lingkungan pun berangsur akan menjadi budaya yang kian memasyarakat.

Nah, jika berbicara soal tren tanaman hias, terkadang apa yang digemari warga Indonesia pada saat tertentu adalah jenis tanaman yang sebelumnya kurang populer atau bahkan tidak populer. Bahkan, beberapa jenis tanaman yang menjadi tren beberapa tahun belakangan, dulungan hanya dipandang sebelah mata oleh sebagian orang.

Di sepanjang 2020 lalu ada tanaman Janda Bolong dan aneka keladi-keladian yang menjadi tren tanaman hias yang digemari masyarakat. Dan tidak ada salahnya bila di awal tahun 2021 ini kita mencoba mencari tahu, tanaman hias apa yang kira-kira akan menjadi tren di sepanjang 2021.

Bila mencermati dengan baik, maka di tahun 2021 yang identik dengan Tahun Kerbau Logam dalam penanggalan Tionghoa, kemungkinan tanaman hias yang akan menjadi tren adalah "tanaman bonsai". Beberapa tahun silam jenis tanaman bonsai ini sempat booming di mana-mana.

Sebagai tanaman hias, tanaman bonsai tidak bisa diwujudkan dalam waktu sekejab. Namun harus dipersiapkan cukup lama hingga bentuk atau modelnya bisa sesuai dengan harapan dan keinginan kita.

Ada begitu banyak tanaman yang bisa dijadikan sebagai "bahan baku" tanaman bonsai. Beberapa diantaranya dapat disimak penjelasan singkatnya di bawah ini:

1.  Santigi (Pempis acidula)

Jenis tanaman yang satu ini biasanya akan mudah kita temukan manakala kita berjalann di sepanjang pesisir pantang. Bentuk pohonnya memang khas dan unik. Pertumbuhan pohon jenis ini memang agak lambat, namun hasilnya akan memanjakan kita semua, seolah-olah kita menyaksikan sebuah pohon yang berusia ratusan tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x