Mohon tunggu...
WA Sutanto
WA Sutanto Mohon Tunggu... sambang sambung sambeng

blog : wiyagung.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Merawat Persatuan Bangsa

31 Mei 2020   06:26 Diperbarui: 31 Mei 2020   06:42 107 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merawat Persatuan Bangsa
saat istirahat usia tanam (dokumen pribadi)

Semangat berjuang demi bangsa dan negara harus kita gelorakan. Menjadi spirit dalam mengisi kemerdekaan. 

Sebagaimana telah dicanangkan menjadi dasar negara kita. Pancasila  untuk menguatkan sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Komitmen itu telah dicetuskan  sejak zaman kemerdekaan. Kini kita teruskan  dalam merawat persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan  banyak belajar dari setiap fenomena di negeri ini. 

Banyak dan bertubi sendi kehidupan bangsa ini tak henti diterpa uji. Mengundang kesungguhan dalam mengatasinya. Tak salah bila kita belajar dari sejarah masa lalu hingga kini. 

Jelaslah bahwa momentum itu ada pelajarannya. Sebagai upaya menguatkan langkah dan kedisiplinan kita bersama. 

Kini adanya kasus pandemi Covid-19 yang saat ini masih harus dikaji dan peran serta masyarakat secara disiplin untuk bekerja sama. 

Upaya nyata dari  saudara kita yang telah berjuang  demi bangsa dan negara rela berkorban. Kebersamaan dan kesungguhan dari para tenaga medis,pucuk pimpinan dan warga masyarakat yang peduli kelangsungan hidup bangsa ini. 

Sebuah potret berkehidupan yang merdeka. Pola pikir dan langkah kita dalam merawat keeberadaan bangsa ini. 

Mampukan kita bersama-sama menguatkan langkah ini. 

Gambaran skala kecil kehidupan desa. Mereka dapat  hidup  bersama layaknya saudara-saudara kita ini. Mengerjakan tanam bareng untuk mencukupi kebutuhan logistik. Gotong royong ini yang menjadikan cermin kehidupan pancasilais nyata. 

Mampu mewujudkan dalam kehidupan nyata. Tidak terlalu tinggi dan bisa dilakukan di lingkungan kita sehari-hari. Mereka saling membangun dan membaikkan saudara-saudaranya. 

Hidup dalam nuansa kekeluargaan yang dinamis. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x